1. VEMALE
  2. /
  3. SHOPPING GUIDE

Review: Buku Stop Pretending, Start Practicing - Hamza Yusuf

Sabtu, 22 September 2018 19:30 Penulis: Endah Wijayanti
Stop Pretending, Start Practicing./Copyright Vemale/Endah

Vemale.com - Judul: Buku Stop Pretending, Start Practicing
Penulis: Hamza Yusuf
Penerjemah: Fedrian Hasmand
Penyunting: Fajar Kurnianto
Penyelaras aksara: Agus Susanto
Penata aksara: Axin
Perancang sampul: Artgensi & Hedotz
Cetakan ke-1, Mei 2018
Penerbit Noura, PT Mizan Publika

Hamza Yusuf adalah seorang ulama asal Amerika Serikat dan salah satu pendiri Zaytuna College—universitas Islam pertama di Amerika yang telah berhasil melahirkan cendekiawan-cendekiawan muslim dan menjadi simbol Islam yang ramah di Negeri Paman Sam. Hamza Yusuf menjadi satu di antara sejumlah pendukung pembelajaran Ilmu Islam klasik, dan telah mempromosikan metode pengajaran Ilmu Islam klasik tersebut ke seluruh dunia. Dia juga adalah salah satu tokoh yang menandatangani A Common Word Between Us and You, suatu surat terbuka dari para ulama Islam kepada para pemimipin Kristiani, menyerukan perdamaian dan saling memahami. Harian The Guardian di Inggris menyebut Hamza Yusuf sebagai “ulama Islam Barat yang paling berpengaruh.”

Buku ini memaparkan sikap Nabi dalam menghadapi berbagai keadaan dikaitkan dengan masalah umat Islam masa kini, agar kita dapat becermin, apakah kita telah meneladani Nabi Saw. atau malah sebaliknya. Bagaimanapun Nabi menegaskan dalam sebuah sabdanya, “Aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia.”

***

Copyright Vemale/Endah

Lima Penyebab Doa Tidak Terkabul menjadi bab pertama yang saya baca di buku ini. Mungkin kita pernah atau malah sering bertanya-tanya kenapa doa kita tak kunjung dikabulkan. Sudah berusaha semaksimal mungkin tapi kenyataan malah tidak sesuai dengan harapan. Dan ternyata bisa jadi ada hal-hal yang menghalangi doa kita terkabul.

Membaca penjelasan di bab Lima Penyebab Doa Tidak Terkabul pun kembali membuat saya merenung. Mungkin memang selama ini masih ada banyak hal yang harus diperbaiki. Masih ada hal-hal yang perlu segera dibenahi agar doa-doa terkabul. Yang tak kalah penting adalah membuat kita kembali disadarkan bahwa ada kekuatan Maha Besar yang punya kuasa penuh atas takdir yang kita punya.

Stop Pretending, Start Practicing ini berisi kumpulan tulisan karya Hamza Yusuf yang berisi banyak bahan renungan. Sebagai muslim, kita akan kembali disadarkan tenang kondisi keimanan kita sendiri. Selain itu, mata kita akan lebih terbuka soal permasalahan-permasalahan umat Islam masa kini.

Berisi 14 Bab, antara lain:
1. Menjadi Muslim Berkualitas di Tengah Krisis Masyarakat
2. Lima Penyebab Doa Tidak Terkabul
3. Menghadapi Krisis dengan Pemahaman Agama yang Benar
4. Doa Sebagai Senjata Andalan Orang Mukmin
5. Menyadari Berbagai Problem di Akhir Zaman
6. Menjadi Manusia yang Melayani Sesama
7. Membersihkan Hati dari Hal-Hal Negatif agar Sehat
8. Mencintai dan Meneladani Sifat Nabi Saw.
9. Kesabaran sebagai Kunci Keberhasilan dan Kebahagiaan
10. Menjadi Umat Pembawa Rahmat di Panggung Dunia
11. Dorongan untuk Mengikuti Sunnah Nabi Saw.
12. Menyikapi Problem Kemanusiaan Kontemporer
13. Menjadi Kekasih Allah Swt. dan Jalan Meraih Kesuksesan
14. Problem Kemiskinan dan Moralitas Manusia

Stop Pretending, Start Practicing./Copyright Vemale/Endah

Mencintai, meneladani, dan mengikuti sunnah Nabi Saw., semuanya dijelaskan dengan cukup detail di buku ini. Kita akan mendapat panduan yang cukup lengkap untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik seperti yang dicontohkan Nabi Saw. Tak hanya itu saja, berbagai isu yang dihadapi umat Islam modern juga dipaparkan di sini. Sehingga bisa menambah wawasan kita lebih luas lagi.

Membaca buku ini membuat kita kembali diajak untuk menjalani hidup dengan lebih positif. Menjaga kedamaian sesama umat manusia sekaligus mencapai kesuksesan dalam hidup seperti yang kita cita-citakan. Apalagi yang merasa kehilangan arah, tulisan-tulisan karya ulama asal Amerika Serikat sekaligus pendiri Zaytuna College bisa memberi banyak pencerahan.

Stop Pretending, Start Practicing, buku yang membuat kita banyak merenung dan bercermin untuk memperbaiki diri. Membantu kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik dengan akhlak yang mulia.



(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Review
  2. Review Buku
Lindswell Kwok - Achmad Hulaefi Gelar Resepsi Pernikahan