1. VEMALE
  2. /
  3. SHOPPING GUIDE

Produk Sunscreen yang Efektif Melindungi Kulit & Aman untuk Terumbu Karang

Sabtu, 14 Juli 2018 11:30 Penulis: Devina Ellora
Sunscreen/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Jika membahas liburan ke pantai, satu hal yang harus selalu ada dan tidak mungkin dilewatkan pastinya adalah sunscreen. Namun, bagaimana jika destinasi wisata pantai ternama dunia mengeluarkan peraturan yang melarang penggunaan sunscreen karena dianggap dapat merusak terumbu karang?

Dilansir dari artikel yang ditulis Ammy di sini,

“Hawaii baru-baru ini mengeluarkan peraturan mengenai pelarangan penggunaan tabir surya dengan kandungan tertentu yang diketahui dapat merusak terumbu karang. Berdasarkan penelitian di tahun 2015, kandungan Oxybenzone dan Octinoxate yang umum ditemukan pada berbagai produk tabir surya ini dapat menyebabkan kerusakan genetik pada karang dan organisme laut lainnya. Terdapat lebih dari 3.500 produk tabir surya yang menggunakan kandungan ini, di antaranya adalah Hawaiian Tropic dan Banana Boat. Menurut penelitian yang sama diperkirakan sekitar 14.000 ton lotion tabir surya tertinggal di terumbu karang yang ada di seluruh dunia.”

Meskipun Oxybenzone dan Octinoxate merupakan kandungan yang sudah disetujui oleh FDA, serta belum ada larangan penggunaan sunscreen dengan kandungan tersebut di Indonesia, ternyata keduanya kerap menuai kontroversi karena dianggap dapat memicu timbulnya alergi serta kerusakan lingkungan. Oxybenzone dan Octinoxate biasanya terdapat dalam produk-produk chemical sunscreen, namun jarang sekali atau bahkan malah tidak ditemukan pada produk physical sunscreen. Oleh karena itu, physical sunscreen dapat menjadi alternatif yang lebih aman jika kamu ingin turut berkontribusi meminimalisir dampak sunscreen terhadap terumbu karang. Berikut rekomendasi produk yang dapat kamu coba:

1. CeraVe Sunscreen Body Lotion SPF 50

CeraVe Sunscreen Body Lotion SPF 50/copyright sociolla.com

Meskipun flek hitam dan timbulnya kerutan pada wajah mungkin menjadi kekhawatiran utama, tapi jangan sampai kamu melupakan perlindungan untuk kulit di area tubuh, ya! Nah, jika kamu berencana menghabiskan waktu seharian di bawah sinar matahari atau ingin berenang di pantai, CeraVe Sunscreen Body Lotion SPF 50 dapat menjadi pilihan yang tepat. Selain perlindungan SPF-nya tinggi, produk inni juga merupakan physical sunscreen, sehingga cocok digunakan untuk semua jenis kulit, sekalipun yang sensitif. Diformulasikan dengan teknologi InVisibleZinc, sunscreen ini mampu melindungi kulit tanpa meninggalkan bekas keputihan dan cepat menyerap sehingga terasa ringan digunakan. Menariknya lagi, seluruh produk CeraVe juga mengandung ceramides yang mampu menutrisi dan menjaga lapisan pelindung kulit. Super lengkap, ya!

Baca juga: Review: CeraVe Eye Repair Cream, Krim Mata untuk Mengatasi Lingkar Hitam yang Dapat Digunakan Pemilik Kulit Sensitif

2. Kiehl’s Super Fluid UV Mineral Defense Broad Spectrum SPF 50+

Kiehl’s Super Fluid UV Mineral Defense Broad Spectrum SPF 50+/copyright sociolla.com

Kelebihan utama physical sunscreen atau mineral sunscreen adalah kandungannya yang cocok untuk semua jenis kulit, termasuk yang sensitif dan berjerawat. Kalau biasanya kamu malas menggunakan sunscreen karena sedang berjerawat, coba Kiehl’s Super Fluid UV Mineral Defense Broad Spectrum SPF 50+ saja, deh! Physical sunscreen yang satu ini diformulasikan dengan kandungan mineral yang lightweight serta diperkaya dengan vitamin E yang kaya akan anti-oksidan. Tidak hanya itu saja, sunscreen ini juga memiliki sheer tint yang akan membuat warna kulit kamu tampak lebih merata. Wah, benar-benar multifungsi ya? kamu jadi tak perlu repot membawa foundation atau BB cream lagi karena sudah tersedia dalam satu produk!

Baca juga: Chemical Vs. Physical Sunscreens: Mengenal Perbedaan dan Keunggulannya Masing-Masing

3. La Roche-Posay Anthelios Mineral SPF 50 Sunscreen Tinted Face Sunscreen

La Roche-Posay Anthelios Mineral SPF 50 Sunscreen Tinted Face Sunscreen/copyright sociolla.com

Sebal dengan hasil akhir sunscreen yang biasanya meninggalkan wajah terlihat ‘berminyak’ dan lengket? Tenang, kamu tidak akan menemukan masalah tersebut jika menggunakan La Roche-Posay Anthelios Mineral SPF 50 Sunscreen Tinted Face Sunscreen. Berbeda dari kebanyakan sunscreen, produk asal Prancis ini memiliki tesktur yang cepat menyerap, ringan, dan memiliki hasil akhir matte yang cocok untuk kulit berminyak. Selain itu, sunscreen ini juga diperkaya dengan Cell-Ox Shield yang merupakan teknologi anti-oksidan untuk memberikan perlindugan tambahan pada kulit dan memiliki warna tint kecokelatan yang akan membaur dengan warna kulit dan membuatnya tampak lebih merata.

Baca juga: Tinted Moisturizer dari Brand Lokal yang Layak untuk kamu Coba dengan Harga di Bawah Rp100.000

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA
Gunting Bulu Mata Bayi Agar Lentik, Mitos Atau Fakta?