1. VEMALE
  2. /
  3. SHOPPING GUIDE

Review: Buku Media Sosialita - Joey Roesma dan Nadia Mulya

Sabtu, 07 Juli 2018 19:30 Penulis: Endah Wijayanti
Media Sosialita./Copyright Vemale/Endah

Vemale.com - Judul: Media Sosialita (Eksis Narsis Jadi Daring Darling)
Penulis: Joey Roesma & Nadia Mulya
Ilustrator: emTe
Desain sampul dan isi: Ampersand
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Apakah kamu seorang Xenial yang ingin nostalgia ke zaman ketika internet lebih dikenal sebagai Indomie telur kornet? Punya pengalaman di-catfish saat kencan online? Resah punya anak yang nggak bisa lepas main gim atau chatting? Menjadikan Instagram sebagai referensi resto hits, motivasi kurus, atau inspirasi liburan? Ingin jadi selebgram? Resah setiap jelang pilkada karena media sosial menjadi pemicu perpecahan? Ingin quit kerja kantoran dan mendulang uang dari jualan online?

Jika jawab YA, kamu wajib baca buku ini! Delapan bab has everything for everyone. Kumplit plit mengupas segala hal yang berkaitan dengan the most happening thing in the universe at the moment: Media Sosial! Buku ini juga memuat tips dan insights dari para pelaku industri digital agar pembaca bisa memanfaatkan dan monetize akun media sosial. Dijabarkan dengan lugas, ringan, namun tentunya sarat cerita menggelitik yang tidak diketahui (dan tidak ingin diketahui) banyak orang. Oh, betapa candu media sosial bisa menjadi madu atau racun.

Setelah membaca buku ini, kamu tidak hanya akan menjadi warganet yang lebih mapan, tetapi menjadi seorang Media Sosialita yang up to date, berwawasan, dan pantas menjadi panutan.


Media Sosialita./Copyright Vemale/Endah

Ladies, pernah kepikiran nggak kalau posting kemesraan dengan pasangan di media sosial bisa mengundang pelakor? Hm, bukan maksudnya menakut-nakuti sih tapi hal itu bisa saja kejadian lho. Kalau kita tidak hati-hati saat posting sesuatu di media sosial, dampaknya ternyata bisa sangat negatif.

Hidup di era digital seperti saat ini, segala sesuatunya bisa kita bagi dan akses dengan mudah di media sosial. Bahkan mungkin sebagian dari kita tidak bisa hidup tanpa media sosial. Cuma, seberapa jauh sih kita paham soal media sosial? Apa saja dampak negatif yang mengintai saat berlebihan menggunakan media sosial? Dan adakah cara terbaik dan paling bijak menggunakan media sosial? Topik-topik tersebut pun dibahas dalam buku karya Joey Roesma dan Nadia Mulya yang berjudul Media Sosialita.

Judul buku ini sangat menarik, ya. Media Sosialita. Sepintas memang seperti ada kaitan antara media sosial dan dunia sosialita. Bahasan itu memang diungkap di buku ini. Ada banyak info yang diungkap secara blak-blakan soal kehidupan para selebgram juga penghasilan fantastis yang didapat oleh orang-orang yang memang sudah punya nama di dunia maya untuk setiap unggahan yang ditayangkan di akun media sosialnya. Selain itu ada banyak topik menarik lainnya yang dibahas di buku ini.

Ada banyak istilah menarik yang berkaitan dengan dunia media sosial yang diungkap. Seperti Social Media Independency Therapy, mengenai terapi yang khusus dibuat untuk mengatasi kecanduan media sosial. Istilah seperti stalker, troll, bully, dan hater juga dibahas di sini. Juga istilah yang cukup bikin merinding seperti bullycide, di mana sebuah kasus bunuh diri disebabkan oleh adanya tindak bullying (seperti cyber bullying). Sugar daddy, sugar baby, hingga digital infidelity yang rasanya bukan lagi rahasia umum makin sering muncul di dunia media sosial juga diungkap. Dan yang paling familier adalah influencer, buzzer, KOL, dan selebgram.

Media Sosialita./Copyright Vemale/Endah

Isu-isu terhangat juga diungkap dengan cukup detail dan bahasa yang ringan. Salah satu yang cukup mengejutkan meski bukan hal yang asing adalah bahwa media sosial bisa jadi lahan subur bagi pelakor. Tak bisa dipungkiri bahwa media sosial punya sisi gelapnya sendiri. Bahkan fenomena akun media sosial "lambe" juga dibahas di buku ini, malah sempat ada wawancaranya juga.

Sejumlah nama seleb juga disebut sekaligus diungkapkan kisaran penghasilan yang didapat dari setiap unggahan dari iklan atau endorsement. Ternyata penghasilan yang didapat bisa sangat fantastis. Oh iya, ada juga tips dan langkah-langkah yang bisa diikuti bila ingin jadi selebgram dan bisa mendapat penghasilan dari media sosial.

Media Sosialita./Copyright Vemale/Endah

Untuk para orangtua ada juga info dan edukasi tentang bagaimana mengarahkan dan mendidik anak yang benar di era media sosial ini. Tips menghindari peretasan/pembajakan, tips mengenali berita hoax, mengatasi kecanduan media sosial, belanja online, dan lebih bijak menggunakan media sosial dibahas dengan detail juga di buku ini.

Media Sosialita sangat cocok dibaca oleh generasi masa kini yang sangat dekat dengan media sosial. Setelah membaca buku ini kita jadi makin aware dengan sisi negatif dan positif yang dimiliki media sosial. Jadi makin paham bahwa media sosial memiliki banyak ruang yang bila dimanfaatkan dengan baik bisa mendatangkan hal-hal yang lebih positif. Ditulis dengan bahasa ringan dan dilengkapi dengan ilustrasi menarik, buku ini memberi pengalaman membaca yang menyenangkan.



(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA
Citra Scholastika Ditantang Tirukan Ghea, Marion & Jodie