Sukses

Fashion

Analisa Perilaku Konsumen online Indonesia VS Malaysia Selama Ramadan 2018

Bulan Ramadan merupakan bulan yang suci dan penuh keberkahan bagi jutaan umat muslim di Indonesia dan Malaysia. Di bulan ini pula, terdapat banyak perubahan aktivitas sehari-hari yang menyesuaikan dengan jadwal kegiatan berpuasa. Mulai dari pola makan, pola tidur, pola kegiatan di siang hari, hingga perubahan pola belanja daring yang dilakukan konsumen.

Selama Ramadan 2018, ada fakta menarik mengenai tren konsumen daring di Indonesia dan Malaysia yang menggambarkan perilaku unik mereka selama bulan Ramadan 2018.

Dari perbandingan lebih dari 2 juta pengguna iPrice Indonesia dan iPrice Malaysia pada 3 minggu sebelum Ramadan (17 April – 14 Mei) dan 3 minggu saat bulan Ramadan (15 Mei – 11 Juni), ditemukan tiga temuan menarik mengenai konsumen daring Indonesia dan Malaysia.

Perbandingan Lonjakan Konsumen Indonesia dan Malaysia di Waktu Sahur
Selama bulan Ramadan, kegiatan khas yang dilakukan masyarakat Indonesia dan Malaysia adalah bangun pada dini hari untuk sahur. Meski begitu, kegiatan sahur ini juga dimanfaatkan bagi mereka untuk berbelanja daring.

Dari temuan yang ada, terdapat lonjakan trafik dari pengguna di kedua negara pada pukul 5 pagi, yakni sebesar +350% di Indonesia dan +105% di Malaysia dibanding dengan periode 3 minggu sebelum Ramadan. Trafik pengunjung Indonesia mengalami lonjakan yang cukup dramatis dibanding Malaysia mengingat negara ini memiliki populasi Muslim terbesar di dunia. Tren ini memiliki persamaan dengan studi yang dilakukan iPrice tahun lalu di Indonesia dan Malaysia.

Di Indonesia, lonjakan trafik ini sedikit lebih rendah dibanding riset tahun lalu, yakni lonjakan drastis sebesar +400% di jam yang sama. Namun dengan data sebesar 2 juta pengunjung yang dianalisa di periode ini menunjukkan ada peningkatan ketertarikan konsumen terhadap transaksi daring dibanding tahun 2017 lalu yang menggunakan data sebesar 400.000 pengunjung.

Pola konsumen lainnya juga dapat dilihat terdapat penurunan trafik pengunjung sebesar -4% pada pukul 18.00 di Indonesia dan -9% pada pukul 19.00 di Malaysia mengingat masyarakat melakukan kegiatan berbuka puasa. Setelah ibadah solat Tarawih, trafik pengunjung kembali naik dengan puncak tertinggi pada pukul 22.00.

Masyarakat Indonesia maupun Malaysia sama-sama suka belanja secara online saat bulan Ramadan/copyright pexels.com/Bruce Mars

Ada beberapa kota di Indonesia dan Malaysia yang Paling Aktif Berbelanja Daring Selama Ramadan. Berikut tujuh besar kota teraktif berbelanja daring di Indonesia dari 2 juta pengguna iPrice: Jakarta (42%), Surabaya (12%), Yogyakarta (9%), Medan (5%), Makassar (5%), Bandung (4%), dan Balikpapan (2%).

Meski masih didominasi oleh kota-kota besar, pengunjung aktif dari kota-kota di luar Jawa seperti Medan, Makassar, dan Balikpapan menunjukkan ketertarikan belanja daring ini sudah mengalami persebaran di seluruh Indonesia. Berkat penetrasi internet yang semakin meningkat pula, membuat masyarakat semakin melek dengan teknologi dan menganggap transaksi daring sebagai alternatif mudah untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan.

Selain paling aktif berbelanja online, nampaknya konsumen di Jakarta masih memiliki ketertarikan yang tinggi untuk berbelanja offline. Terbukti program midnight sale di mal besar di Jakarta beberapa minggu lalu mendatangkan 100.000 pengunjung dalam satu malam. Sementara di negeri tetangga Malaysia, persebaran pengunjung ini juga terpusat di negara bagian Kuala Lumpur (57%) dan Selangor (20%), merefleksikan tren kemelekan teknologi dan belanja daring yang hampir sama dengan Indonesia.

Jumlah pengguna iPrice juga mengalami pertumbuhan di bulan Ramadan yakni sebesar +30% di Indonesia dan +11% di Malaysia, menunjukkan belanja daring menjadi pilihan bagi konsumen untuk membeli barang-barang kebutuhan selama Ramadan.

Konsumen kebanyakan mencari kebutuhan untuk lebaran atau Hari Raya Idul Fitri/copyright pexels.com/rawpixel.com

Promosi yang Paling Dicari Konsumen Indonesia dan Malaysia Selama Ramadan
Kami juga menganalisa promosi apa saja yang paling dicari konsumen Indonesia dan Malaysia menggunakan data search interest Google Trends selama periode 16 Mei – 12 Juni 2018.

Promosi Supermarket Paling Diminati Konsumen Indonesia
Menggunakan data Google Trends, kami mengetahui minat konsumen melalui kata kunci yang diasosiasikan dengan kata “promo”, “diskon”, dan “voucher”. Hasil data menunjukkan sebesar 39% kata kunci pencarian Google yang paling popular selama Ramadan adalah promo supermarket dan minimarket seperti “promo Giant”, “promo Alfamart”, dan “diskon Superindo”.

Besarnya minat promo di toko untuk membeli bahan makanan ini merefleksikan tradisi masyarakat Indonesia menjelang hari Raya Idul Fitri, seperti kegiatan amal berbagi sembako, zakat fitrah, hingga menyiapkan kue-kue untuk lebaran.

Selain itu, sebesar 24% kata kunci popular merujuk pada promo-promo online marketplace seperti “Lazada promo”, “kode voucher Shopee”, “diskon Tokopedia”, dan “voucher Bukalapak”. Pencarian promo toko daring ini menunjukkan minat konsumen yang cukup tinggi untuk berbelanja di marketplace selama Ramadan.

Konsumen Indonesia juga memiliki minat yang tinggi dalam pencarian promo baju lebaran. Terhitung sebanyak 19% kata kunci mengasosiasikan dengan promo toko daring yang khusus menjual produk fashion, seperti “diskon Mataharimall” dan “voucher Zalora”.

Sisanya, konsumen Indonesia juga berminat para promo-promo ojek online dan promo tiket transportasi. Sebanyak 12% kata kunci merujuk pada “promo Grab”, “voucher Gojek”, “tiket promo” dan “diskon tiket pesawat”. Rendahnya kata kunci promo tiket ini dapat dimaklumi mengingat orang Indonesia sudah jauh-jauh hari membeli tiket mudik Lebaran sebelum bulan Ramadan untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Promosi supermarket paling banyak dicari oleh konsumen Indonesia maupun Malaysia/copyright pexels.com/jeshoot

Konsumen Daring Malaysia Paling Banyak Mencari Promo Tiket Mudik
Berbeda dengan masyarakat Indonesia yang sudah jauh-jauh hari berburu tiket mudik, masyarakat Malaysia baru memiliki minat tinggi pada promo tiket pesawat di saat bulan Ramadan berlangsung. Data Google Trends di periode yang sama menunjukkan sebesar 59% kata kunci pencarian “promotion” paling populer selama Ramadan merujuk pada promo tiket pesawat Air Asia, Malindo Air, dan Malaysia Airlines.

Selain tiket pesawat, kata kunci pencarian paling populer lainnya sebesar 35% merujuk pada promosi supermarket seperti Aeon, Giant, dan Tesco. Sama seperti Indonesia, konsumen Malaysia juga senang membeli produk bahan makanan untuk menyambut hari Raya Idul Fitri.

Sumber data: Pengunjung website iPrice Indonesia dan iPrice Malaysia 3 minggu sebelum Ramadan dan 3 minggu selama Ramadan.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading