1. VEMALE
  2. /
  3. SHOPPING GUIDE

Rekomendasi Foundation untuk Kulit Berjerawat Wajib Dicoba

Jum'at, 08 Juni 2018 11:05 Penulis: Devina Ellora
Foundation/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Bagi pemilik kulit berjerawat, menggunakan makeup seperti foundation dan concealer untuk menutupi jerawat pada wajah terkadang dilakukan. Padahal, di satu sisi, menutupi jerawat dengan makeup juga berpotensi menyebabkan jerawat semakin parah. Hal ini bisa terjadi karena terdapat kandungan makeup yang tidak cocok dan semakin mengiritasi kulit, atau kandungan dalam makeup tersebut yang menyumbat pori-pori. Mengerti akan kebutuhan wanita, beberapa brand pun menghadirkan foundation yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat. Penasaran foundation apa saja yang dapat merawat kulit berjerawat sekaligus menyamarkannya? Yuk, lihat di bawah!

1. Neutrogena Skin Clearing Liquid Foundation

Neutrogena Skin Clearing Liquid Foundation/copyright sociolla.com

Telah lama identik dengan lini skin care-nya yang berfokus pada perawatan untuk kulit berminyak dan berjerawat, tidak mengherankan jika Neutrogena juga menghadirkan foundation dengan fokus serupa. Neutrogena Skin Clearing Liquid Foundation diformulasikan dengan kandungan yang non-comedogenic sehingga tidak akan menyumbat pori-pori. Selain itu, foundation ini juga bebas dari kandungan minyak dan diperkaya dengan salicylic acid yang mampu melawan bakteri penyebab jerawat.

Baca juga: 5 Kesalahan Pakai Skin Care yang Bisa Menimbulkan Jerawat

2. Clinique Acne Solutions Liquid Makeup

Clinique Acne Solutions Liquid Makeup/copyright sociolla.com

Sesuai namanya, Clinique menawarkan foundation yang dapat menjadi solusi untuk kulit berjerawat. Selain mampu menyamarkan jerawat pada wajah dengan hasil akhir matte, Clinique Anti-Blemish Solutions juga diperkaya dengan kandungan yang ampuh untuk melawan jerawat, yaitu salicylic acid dan tidak mengandung bahan-bahan yang berpotensi memperparah jerawat seperti minyak, fragrance, maupun paraben. Karena memiliki kandungan yang bebas dari minyak, kamu yang memiliki kulit berminyak atau kombinasi pun tidak perlu khawatir wajah akan terlihat semakin berminyak.

Baca juga: Mulai dari Clay Mask Hingga Sheet Mask, Berikut 7 Masker untuk Kulit Berjerawat yang Bisa kamu Coba

3. e.l.f. Acne Fighting Foundation

e.l.f. Acne Fighting Foundation/copyright sociolla.com

Jika membahas mengenai kandungan-kandungan yang ampuh untuk mengatasi jerawat, nama salicylic acid, witch hazel, serta tea tree oil tentu tidak mungkin dilewatkan. Nah, ketiga kandungan tersebut juga bisa kamu rasakan manfaatnya dalam E.l.f. Acne Fighting Foundation. Dengan kombinasi bahan aktif tersebut, foundation ini akan membantu mengatasi sekaligus mencegah jerawat kembali datang. Untuk mengatasi kemerahan akibat jerawat, foundation ini juga diperkaya dengan aloe vera, lho!

Baca juga: 5 Rekomendasi Skin Care Lokal untuk Kulit Berjerawat yang Bisa kamu Coba

4. It Cosmetics Bye Bye Breakout

It Cosmetics Bye Bye Breakout/copyright sociolla.com

Rangkaian Bye Bye Breakout dari It Cosmetics merupakan salah satu seri makeup yang berfokus pada pemilik kulit berjerawat. Meskipun tidak menawarkan foundation, It Cosmetics menawarkan dua produk yang dapat menggantikan peran foundation untuk wajah kamu, yaitu Bye Bye Breakout Powder dan Bye Bye Breakout Concealer. Alih-alih menutupi seluruh wajah dengan foundation, kamu dapat menutupi area yang bermasalah saja dan meratakan warna wajah dengan bantuan powder-nya. Kedua produk ini mengandung witch hazel, sulfur, serta gentle exfoliating acids, sehingga dapat membantu mengatasi jerawat yang membandel. Tidak hanya itu saja, Bye Bye Breakout Powder juga sangat digemari karena mengandung zinc dan kaolin yang mampu menyerap minyak berlebih penyebab jerawat pada wajah.

Baca juga: Pilihan Toner Drugstore untuk Kulit Berjerawat yang Harganya di Bawah Rp30.000

5. Bare Minerals Blemish Remedy Powder Foundation

 

Bare Minerals Blemish Remedy Powder Foundation/copyright sociolla.com

Pada dasarnya, ada beberapa kriteria yang sebaiknya terpenuhi saat kamu memilih foundation untuk kulit berjerawat. Diantaranya adalah bersifat non-comedogenic agar tidak menyumbat pori-pori dan mampu menutupi kemerahan yang diakibatkan oleh inflamasi jerawat. Nah, kedua kriteria tersebut terpenuhi oleh Bare Minerals Blemish Remedy Powder Foundation. Namun, tidak hanya itu saja, foundation ini juga diformulasi secara khusus untuk kulit berjerawat dengan aspen bark untuk menenangkan kulit dan tea tree oil untuk melawan bakteri penyebab jerawat serta mengontrol produksi minyak.

Baca juga: Mengenal 5 Vitamin yang Penting untuk Kulit Berjerawat

(vem/apl)
KOMENTAR PEMBACA
Lilis Karlina Berbagi Santunan 1000 Anak Yatim