Sukses

Fashion

Review: Buku Chicken Soup for the Soul - Makin Sedikit Makin Bahagia

Judul: Chicken Soup for the Soul - (The Joy of Less) Makin Sedikit Makin Bahagia
Alih bahasa: Susi Purwoko
Desain sampul: Suprianto
Layout: Sukoco
Penerbit Gramedia Pustaka Utama

Kebahagiaan itu ternyata sederhana. Kebahagiaan itu mudah didapatkan dan ada di sekitar kita. Dengan mudahnya, kita akan memiliki hidup yang lebih berarti dan memuaskan hanya setelah kita menyederhanakan hidup.

Dalam buku ini ada banyak cara orang-orang menjadi bahagia dan berkelimpahan justru setelah mereka menyingkirkan “kelebihan” yang ada di sekitar mereka dan memperbaiki cara hidup mereka, seperti:
• Menyingkirkan semua barang yang ada di rumah hingga seminimal mungkin.
• Memutuskan pindah ke rumah yang lebih kecil.
• Mengatakan “tidak” pada hal-hal yang tidak mereka kehendaki.
• Memangkas jadwal yang terlalu padat.
• Memutuskan tidak membeli barang dan hanya memakai apa yang sudah ada.
• Mematikan smartphone untuk sejenak tidak terhubung.

***
Apa yang menarik dari seri Chicken Soup for the Soul? Buku ini berisi kumpulan cerita dan pengalaman langsung dari para penulisnya. Para penulisnya mungkin bukan orang terkenal. Cerita-ceritanya bisa saja sangat sederhana. Tapi ditulis dengan jujur dan apa adanya, sehingga setiap cerita dan tulisan di dalamnya terasa begitu istimewa.

Chicken Soup for the Soul - (The Joy of Less) Makin Sedikit Makin Bahagia, buku yang satu ini pun punya keistimewaannya sendiri. Memuat cerita orang-orang yang berusaha untuk menemukan dan mendefinisikan ulang arti kebahagiaan yang sesungguhnya. Akan ada banyak makna dan pelajaran soal kebahagiaan yang justru bisa didapat dengan cara-cara sederhana. Bahkan dengan mengurangi yang banyak menjadi sangat sedikit, ada kebahagiaan luar biasa yang bisa ditemukan.

Chicken Soup for the Soul, Makin Sedikit Makin Bahagia./Copyright Vemale/Endah

Isi buku ini dibagi jadi 10 bagian, antara lain Kebebasan dari Memiliki Lebih Sedikit, Kebahagiaan dari "Tidak", Yang Kita Butuhkan adalah "Lebih Sedikit", Bahagia Tanpa Piranti Elektrik, Kebahagiaan dari Berbagi, Lebih Sedikit Jauh Lebih Banyak, Kebahagiaan di Jalan, Menghitung Berkat, Kebahagiaan dari Memulai Kembali, dan Pelajaran dari Memiliki Lebih Sedikit. Masing-masing bagian berisi kumpulan cerita yang membawa banyak pesan soal kebahagiaan dengan cara sederhana.

Buku ini sangat cocok dibaca masyarakat modern. Mengingat di era sekarang, masyarakat bisa lebih cepat mendapatkan sesuatu dan mengumpulkan banyak hal tapi seringkali malah kehilangan makna kebahagiaan yang sejati dalam perjalanannya. Melalui cerita-cerita di buku ini, kita akan kembali diingatkan sejumlah hal penting dan paling mendasar soal kebahagiaan. Ada banyak pesan yang sangat relevan untuk diterapkan dalam menyeimbangkan gaya hidup masyarakat modern.

Banyak kisah inspiratif di dalamnya./Copyright Vemale/Endah

Mungkin kita pernah merasa sudah memiliki banyak, tapi kok nggak bisa bahagia ya? Nah, di Chicken Soup for the Soul - (The Joy of Less) Makin Sedikit Makin Bahagia kita akan menemukan berbagai cerita soal pengalaman banyak orang yang justru memilih untuk melepas berbagai barang dan benda berharga mereka demi bisa mendapatkan kebahagiaan yang sebenarnya. Banyak cerita soal betapa ajaibnya keputusan untuk menyederhanakan sesuatu dalam membuka lembaran hidup baru yang lebih bahagia.

Setiap tulisan dan cerita membawa pesannya sendiri. Kita akan dibuat terkesan dengan berbagai cerita di dalamnya. Mau membaca cerita-ceritanya secara berurutan atau acak, semua tergantung kenyamanan dan pilihan kita. Dibaca saat bersantai pun bisa membuat kita lebih rileks. Dari yang tadinya pikiran begitu ruwet karena berbagai hal, membaca tulisan-tulisan di Chicken Soup for the Soul - (The Joy of Less) Makin Sedikit Makin Bahagia ini akan meringankan perasaan kita.

Buat yang sedang berusaha untuk mencari cara terbaik untuk memperbaiki gaya hidup dan menemukan kebahagiaan baru dengan cara yang lebih sederhana, Chicken Soup for the Soul - (The Joy of Less) Makin Sedikit Makin Bahagia bisa jadi bacaan yang menyenangkan. Kita akan kembali disadarkan oleh kenyataan bahwa ternyata kebahagiaan itu bisa diperoleh dengan banyak cara sederhana.





(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading