1. VEMALE
  2. /
  3. SHOPPING GUIDE

5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Membeli Make Up Preloved

Senin, 12 Maret 2018 19:30 Penulis: Ammy Marcida
Make up/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Perkembangan industri kecantikan yang meningkat beberapa tahun belakangan bisa memberi efek baik dan buruk bagi para pencinta makeup. Efek baiknya, tentunya pilihan makeup jadi lebih beragam bahkan seolah tak terbatas. kamu yang gemar bereksperimen jadi lebih terpuaskan, deh! Namun, kondisi ini juga turut menimbulkan efek kurang baik, terlebih dari sisi kantong, hehehe. Tren makeup yang cukup cepat berganti terkadang membuat kita kewalahan dan ingin terus membeli beragam produk makeup yang tengah ramai dibicarakan. Karena kondisi ini, tak jarang banyak beauty enthusiast yang melirik makeup preloved sebagai pilihan untuk memiliki produk kecantikan idaman namun dengan harga yang lebih hemat.

Tidak ada yang salah dengan membeli produk makeup preloved. Namun, mengingat kamu akan membeli produk yang tak lagi dalam kondisi baru dan akan digunakan pada wajah, sebaiknya perhatikan juga beberapa hal penting sebelum memutuskan untuk membelinya. Nah, agar transaksi pembelian makeup preloved kamu berjalan sukses dan aman, coba simak beberapa hal yang perlu diperhatikan berikut ini.

Baca juga: Share In Jar: Menggoda, Namun Ketahui Juga Bahayanya

Perhatikan Masa Pakai Produk

Coba perhatikan meja rias kamu, apa yakin semua produk kecantikan yang ada disana masih layak pakai? Pasti ada 1-2 produk yang ternyata sudah lewat masa pakai, namun masih berjajar manis memenuhi meja rias. Jika jarang memeriksa dan asyik membeli produk baru, biasanya kita cenderung lupa dan kurang memerhatikan hal ini. Nah, kebiasaan ini sebaiknya tidak diaplikasikan saat ingin membeli makeup preloved, ya. Sebelum memutuskan membeli, penting untuk mengetahui batas kedaluwarsa produk kecantikan tersebut. Jangan ragu untuk bertanya secara mendetail, atau tanyakan kode produksi produk untuk memeriksanya. Biasanya beberapa brand high end bisa diketahui masa kedaluwarsanya secara online, melalui website seperti Checkcosmetic atau checkfresh. Selain itu minta penjual untuk memperlihatkan keterangan period after opening (PAO) yang tertulis pada kemasan. Atau kamu bisa mempelajari berbagai simbol yang ada pada kemasan agar tidak salah membeli produk.

Baca juga: Ketahui dan Jaga Masa Kedaluwarsa Produk Kosmetik dengan 5 Hal Berikut

Memilih Sistem COD dan Membayar Tunai

Jika memungkinkan, usahakan untuk membeli produk preloved dari penjual yang memiliki domisili sama, sehingga kamu bisa meminta sistem COD. Selain bisa melihat secara langsung kondisi barang sebelum benar-benar membelinya, kamu juga bisa mencium aroma dan melihat tekstur produk secara langsung. Jika produk sudah memperlihatkan warna yang berbeda serta bau yang aneh, jangan ragu untuk mengurungkan niat beli. Tapi sampaikan dalam bahasa yang baik agar penjual tidak merasa tersinggung, ya.

Produk yang Masih Aman untuk Dibeli dalam Kondisi Preloved

Semua produk kecantikan tidak diciptakan dengan daya simpan yang sama. Ada beberapa jenis produk yang punya risiko lebih tinggi untuk terkontaminasi berbagai bakteri. Tapi ada juga produk yang cukup aman dipakai meskipun kamu menjadi tangan kedua. Nah, produk-produk berikut dianggap masih aman untuk dibeli meskipun dalam kondisi preloved.

Produk dengan kemasan tube, spray dan botol pump

Produk ini masih dianggap aman dan karena memiliki desain kemasan yang tergolong higienis, sehingga tidak mudah terkontaminasi bakteri. Jangan lupa untuk membersihkan ujung kemasan sebelum memakainya, ya.

Cat kuku

Produk dekorasi kuku ini juga tergolong aman untuk dibeli dalam kondisi preloved. Hal ini memungkinkan karena kandungan kimia pada cat kuku membuat produk ini tidak mudah terkontaminasi bakteri. Namun, jika ingin memakainya pastikan untuk terlebih dahulu membersihkan bagian kuasnya.

Makeup tools dalam kondisi baik

Perlengkapan makeup sperti kuas juga tergolong aman untuk dibeli secara preloved. kamu bisa membersihkan produk dengan menggunakan alat pembersih kuas sebelum dipakai. Jika ada produk yang berbahan logam, cukup rendam dalam cairan Isopropil alkohol sebelum dipakai untuk mensterilkan produk dari bakteri dan kuman.

Produk yang Sebaiknya Tidak Dibeli dalam Kondisi Preloved

Selain produk yang aman dibeli, ada juga produk kecantikan yang sebaiknya tidak dibeli dalam kondisi preloved. Umumnya produk yang hadir dalam tekstur liquid atau krim kurang disarankan untuk dibeli secara online, karena tekstur ini cenderung lebih mudah terkontaminasi bakteri. Seperti beberapa produk berikut ini:

1. Produk maskara dan eyeliner

Selain masa pakai produk yang singkat yaitu sekitar 3 bulan, bentuk maskara dan eyeliner yang umumnya berjenis dip tube, lebih rentan bersentuhan dengan bakteri. Karena aplikator langsung bersentuhan dengan kulit pemakai, lalu produk kembali dimasukkan ke dalam kemasan. Di samping itu, jika membeli dari orang yang tidak dikenal, kamu juga tidak mengetahui dengan detail seperti apa kondisi kulit pemakai sebelumnya.

2. Lip gloss, lipstik liquid

Tanpa perlu penjelasan lebih jauh, mungkin kamu sudah bisa membayangkan penggunaan produk ini. Serupa dengan kemasan berbentuk dip tube, produk lipstik bertekstur liquid akan diaplikasikan langsung pada bibir pemakai lalu dimasukan kembali pada kemasan. Mengingat area mulut jadi salah satu bagian tubuh yang paling mudah menularkan berbagai bakteri, mungkin sebaiknya kamu membeli produk lipstik yang terjangkau dibandingkan harus membeli secara preloved.

3. Produk dalam kemasan jar

Dari sisi higienis, produk dalam kemasan jar sangat rentan terkontaminasi bakteri. kamu juga tidak tahu apakah pemakai pertama menggunakan jarinya untuk mengambil produk atau benar-benar menggunakan aplikator. Demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya buang jauh-jauh keinginan untuk membeli produk kecantikan dalam kemasan ini, ya.

4. Makeup Sponge

Mungkin tidak banyak yang tertarik untuk menjual atau membeli produk sponge makeup preloved. Namun jika kamu melihat makeup sponge yang diklaim hanya digunakan sekali atau masih dalam kondisi mulus, ada baiknya untuk tidak tertarik dan jangan tergoda untuk membelinya. Makeup sponge bersifat menyerap tekstur makeup apapun yang diaplikasikan, bahkan, meskipun sudah dicuci dengan bersih, mustahil untuk benar-benar membersihkan semua produk makeup yang pernah menempel pada benda ini.

Produk yang Masih Aman untuk dibeli, Asalkan…

Selain produk yang masih bisa dibeli dan sebaiknya tidak dibeli dalam kondisi preloved di atas, ada juga produk makeup yang berada dalam zona abu-abu untuk dibeli. Umumnya produk kosmetik ini masih bisa dibeli tapi perlu ketelitian untuk mengetahui kondisinya.

1. Produk kecantikan bertekstur powder

Produk seperti eyeshadow, blush maupun face powder tergolong masih memungkinkan untuk dibeli secara preloved, namun kamu perlu memperhatikan kondisinya. Sebaiknya pilih pembeli yang terpercaya, serta hindari membeli produk palette yang salah satu warnanya sudah dalam kondisi hit pan. Untuk produk loose powder, karena tidak mengandung air produk ini memang cukup aman dari rentan bakteri, namun mengingat kamu tidak bisa mensterilkan produk sebelum digunakan, tentu perlu memikirkan dengan baik sebelum benar-benar membelinya.

2. Lipstik batangan

Produk lipstik dalam bentuk batangan sebenarnya masih aman untuk dibeli dalam kondisi preloved. Namun kamu perlu mensterilkan produk sebelum digunakan. Caranya dengan mengiris bagian teratas lipstik, lalu simpan lipstik dalam freezer semalaman sebelum digunakan. Suhu rendah dari lemari pendingin diketahui akan mematikan bakteri yang mungkin menempel pada produk ini.

Baca juga: Ingin Tetap Menggunakan Makeup Meski Sedang Sakit? Jangan Lupa untuk Mensterilkan 3 Jenis Produk Makeup Ini Sehabis Digunakan

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA
Melewati Batas, Meraih Mimpi - Jonathan Cristie