1. VEMALE
  2. /
  3. SHOPPING GUIDE

Review: Max Factor Velvet Mattes Lipstick, Rangkaian Lipstik Matte Lembut

Senin, 12 Februari 2018 10:30 Penulis: Shamira Priyanka
Max Factor Velvet Mattes Lipstick/copyright sociolla.com

Vemale.com - Para beauty enthusiast pastinya sudah pernah mencoba beragam lipstik matte dari berbagai merek. Nah, kali ini giliran Max Factor yang merilis rangkaian lipstik matte yang dinamakan Velvet Mattes Lipstick. Brand ini sadar akan keluhan para penggemar lipstik yang bibirnya kerap menjadi kering akibat lipstik matte dengan formula yang kurang bersahabat dengan bibir. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan Max Factor untuk merancang lipstik matte yang moisturizing sehingga tidak membuat bibir kering dan pecah-pecah. Dengan kandungan oils yang bervariasi, Max Factor mengklaim bahwa koleksi Velvet Mattes Lipstick memiliki tekstur lembut dan melembapkan bibir. Dari tujuh warna yang tersedia, saya mencoba dua shade, yaitu Blush (berry pink) dan Nude (nude pink). Simak review berikut agar tahu kualitas lipstik matte ini!

Klaim dan Kemasan

Klaim:

  • Formula melembapkan dan tidak membuat bibir kering.
  • Lembut dan mudah untuk diaplikasikan.
  • Memberikan tampilan satin matte yang halus.

Seluruh rangkaian Max Factor Velvet Mattes Lipstick dikemas dengan desain yang sama, berbentuk kotak hitam yang agak tebal dengan logo Max Factor berwarna merah di salah satu sisinya. Warna masing-masing lipstik dapat terlihat pada bagian bawah kemasan, dan nama shade lipstik dapat ditemukan di sisi bawah produk. Sesuai dengan konsep lipstik matte, bagian hitam kemasan pun memiliki tekstur yang matte. Lipstik Velvet Mattes ini berupa bullet lipstick yang ujungnya lancip dan mudah menjangkau bagian pinggir bibir sehingga pulasannya bisa tetap rapi walau tanpa menggunakan lip brush.

Tekstur dan Formula

Sesuai dengan klaim, lipstik ini lembut dan mudah untuk digunakan. Jujur saja, saya agak kaget karena pada awalnya sudah agak skeptis, hehe. Lipstik ini memiliki aroma yang menurut saya kurang natural, jadi saya langsung berpikir bahwa formula lipstik ini pasti akan biasa-biasa saja. Nah, ternyata dugaan saya salah! Lipstik ini lembut sekali, rasanya seperti memakai lipstik creamy. Ditambah lagi, setiap shade yang saya coba tidak memiliki tekstur dan formula yang berbeda. Shade Blush dan Nude sama-sama halus, tidak lengket, dan terasa lembap di bibir. Klaim bahwa lipstik ini menghasilkan tampilan akhir yang satin matte pun benar.
Kabarnya, Max Factor menggunakan formula yang sama dengan formula rangkaian lipstik moisturizing mereka yang bernama Colour Elixir Lipstick. Bedanya, rangkaian Velvet Mattes Lipstick ini mengandung mica yang telah digiling hingga halus yang menghasilkan efek matte. Produk-produk Velvet Mattes Lipstick juga mengandung Castor Seed Oil, Coconut Oil, ekstrak Aloe Vera, ekstrak Tea Tree, dan esktrak buah alpukat yang melembutkan kulit. Jadi, jangan heran kalau lipstik ini melembapkan bibir.

Warna dan Pigmentasi

Rangkaian Max Factor Velvet Mattes Lipstick menawarkan tujuh shade yang cukup beragam, mulai dari merah yang bold, pink, dan nude pun tersedia. Lipstik ini tidak memiliki klaim apapun seputar warna dan pigmentasi, tapi warna dan pigmentasi lipstik ini tidak kalah bagus dengan tekstur dan formulanya. Saya sangat puas dengan pigmentasi yang dimiliki shade Blush dan Nude. Shade Blush menampilkan warna berry pink dengan jelas, serta warna tersebut langsung terlihat jelas hanya dengan sekali swipe. Saya awalnya agak ragu dengan shade Nude karena warnanya terlihat terlalu muda untuk saya. Namun setelah dicoba, ternyata warna ini tidak sepucat yang saya kira dan memiliki sentuhan warna pink muda yang cantik.

Soal keawetan, lipstik ini mampu tahan pada bibir untuk waktu yang lama, kira-kira bisa sampai delapan jam. Kedua shade yang saya coba memiliki keawetan yang sama, hanya saja lipstik dengan shade Blush meninggalkan stain pada bibir saya yang terlihat lebih jelas dibandingkan shade Nude. Dalam sehari saya tidak perlu touch up karena bekas yang ditinggalkan lipstik terilhat cukup jelas pada bibir. Max Factor menyarankan penggunaan transluscent powder agar lipstik lebih tahan lama, namun tanpa powder pun saya rasa lipstik ini sudah cukup awet.

Pendapat Saya

Max Factor Velvet Mattes Lipstick/copyright sociolla.com

Bagi saya pribadi, Max Factor Velvet Mattes Lipstick ini adalah definisi lipstik matte yang sempurna. Lembut, melembapkan, serta tahan lama dan pigmented, saya suka sekali dengan lipstik ini! Pada awalnya saya sempat ragu, namun sekarang justru senang telah mencoba produk ini. Pemakaiannya mudah sekali karena memiliki tekstur yang lembut, dan yang paling penting, tidak membuat bibir kering! Walaupun formulanya lembut, lipstik ini tetap tahan lama dan tidak mudah ‘beleber’. Overall, bagi saya Max Factor Velvet Mattes Lipstick ini cocok untuk yang menginginkan lipstik matte dengan warna yang tahan lama namun kelembapan bibir tetap terjaga.

Mulai Februari 2018, rangkaian Max Factor Velvet Mattes Lipstick dapat kamu temukan di gerai-gerai Max Factor di Indonesia. Dengan harga Rp145.000 per lipstik. Sangat saya rekomendasikan untuk kamu coba juga!

Baca juga: Mulai Dari Matte Hingga Glossy, Berikut Koleksi Lipstik dari 5 Brand Lokal Baru yang Dapat kamu Coba

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA
7 Sumber Protein Untuk Diet Keto