KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. SHOPPING GUIDE

Review: Maybelline Master Camouflage Concealer Palette

Sabtu, 03 Februari 2018 10:30 Penulis: Nadya Paramitha
Makeup/Copyright Shutterstock

Vemale.com - “Manusia itu jauh dari kesempurnaan.” Setuju tidak dengan statement ini? Eits, jangan langsung tutup halaman ini dulu, karena saya tidak membicarakan karakter manusia dan berniat memberi ceramah. He he he… Yang saya maksud adalah noda-noda di wajah kita. Pastilah selalu ada ketidaksempurnaan di wajah, entah itu jerawat, bekas jerawat yang menghitam, hingga mata panda.

Kalau punya masalah seperti ini, apakah biasanya kamu menutupinya dengan bedak atau foundation tebal? Wah, ini adalah cara yang salah, lho! Selain jerawat jadi lama sembuhnya dan pori-pori bisa tersumbat, kebanyakan bedak atau foundation juga bisa membuat kulit jadi cakey alias retak-retak. Baru-baru ini, saya mencoba rangkaian Maybelline Master Camouflage. Ada Maybelline Master Camouflage Concealer Palette dan Maybelline Master Camouflage Duo yang sepertinya bisa mengatasi masalah noda-noda di wajah. Baguskah?

Kegunaan Master Camouflage

Sebelum saya review lebih jauh tentang produk ini, kenalan dulu yuk dengan konsep produk ini, agar kamu yang pemula mengerti kegunaannya dan alasan untuk menggunakannya. Jika biasanya untuk menutup noda di wajah (bintik-bintik hitam), mungkin sudah ada yang pakai concealer. Produk tersebut biasanya punya daya tutup yang lebih bagus dari foundation dan kekentalan yang lebih pekat.

Nah, itu kalau untuk menutup bintik hitam. Kalau untuk jerawat meradang atau kantung mata yang lebih gelap, ada baiknya kamu menggunakan color corrector dulu. Beda dengan concealer, color corrector punya warna ‘nyeleneh’ seperti hijau, kuning, hingga oranye sebagai counter untuk warna jerawat yang kemerahan atau mata pkamu yang sebenarnya berwarna biru atau ungu gelap. Setelah warnanya kembali ‘netral’, barulah kamu bisa menutupnya lagi dengan concealer sewarna kulit. Untuk lebih jelasnya, coba simak kegunaan warna-warna nyeleneh ini di artikel ini.

Maybelline Master Camouflage Concealer Palette

Maybelline Master Camouflage Concealer Palette/copyright sociolla.com

Yang pertama akan saya bahas adalah Concealer Palette yang punya pilihan warna Light dan Medium. Perbedaannya tak sebatas pilihan warna yang mendekati warna kulit saja, tapi lebih ‘berat’ pada warna corrector-nya. Pada Light, warna corrector yang disediakan adalah hijau dan oranye. Pada Medium, warna corrector-nya adalah kuning dan oranye. Kalau bingung dengan penggunaannya, Maybelline menyediakan keterangan cara pakai dan area pakainya pada kotak kemasannya kok. Kalau kotak kemasannya hilang, kamu bisa lihat pembagiannya pada tutup kemasan.

Light (kiri) dan Medium (kanan). Warna diurutkan dari susunan palette mulai dari kiri atas/copyright sociolla.com

Produk ini juga menyertakan aplikator dalam bentuk kuas dan puff kecil mirip aplikator eyeshadow. Gunakan dengan cara seperti ini: ambil concealer menggunakan kuas, baurkan pada wajah, lalu ratakan warnanya dengan puff dengan cara ditepuk-tepuk. Ingat, bukan diseret ya. Kalau tutupnya dibuka, kamu juga bisa menemukan cermin mini. Cukuplah untuk dibawa traveling. Meski begitu, saya biasanya menggunakan kuas sendiri. Alasannya, lebih besar dan sudah biasa pakai itu.

Palette ini dibagi dalam tiga fungsi: correct, conceal, dan highlight. Dua warna pertama digunakan untuk menyamarkan masalah wajah, dua warna berikutnya untuk membaurkannya agar serupa dengan warna kulit, dan warna yang ketiga digunakan untuk menonjolkan bagian wajah lainnya, seperti tulang pipi atau tulang alis. Tekstur produk ini creamy dan sangat mudah dibaurkan. Ini poin utama yang saya highlight. Mau dicolek pakai tangan atau kuas, produk ini tetap mudah diratakan! Untuk warna bagian highlight yang agak shimmery, hasilnya juga tidak lebay di wajah. Shimmer-nya halus dan sama mudahnya untuk diratakan pada wajah.

Maybelline Master Camouflage Duo

Untuk yang tidak mau ribet, kamu bisa mencoba rangkaian Maybelline Master Camouflage yang ini karena berbentuk krayon. Maybelline Master Camouflage Duo ini hanya punya dua warna dengan pilihan Green Fawn (untuk kulit lebih terang) dan Green Sand (untuk kulit lebih gelap). Berbeda dengan Concealer Palette, Maybelline Master Camouflage Duo hanya punya dua kegunaan, yaitu correct dan conceal. Warna hijau untuk menyamarkan jerawat kemerahan dan warna lainnya untuk meratakan warna tersebut sehingga lebih membaur ke kulit.

Meski krayon, sebenarnya isinya juga cukup banyak. Saya iseng memutarnya hingga habis dan ternyata isinya tidak sedikit. Tidak ada aplikator bawaan untuk produk ini ya. Gunakan krayon langsung pada wajah, setelah itu ratakan dengan aplikator kamu atau jari. Nah, karena berupa krayon, saya merasa teksturnya lebih padat dan tidak se-smooth Concealer Palette. Namun, jangan khawatir, teksturnya juga masih terbilang mudah dibaurkan kok, bahkan tetap rapi kalau hanya ditepuk-tepuk dengan tangan.

Pendapat Saya

Kedua produk ini punya pigmentasi dan daya tutup yang medium. Bekas jerawat tersamarkan dan mata pkamu cukup bisa teratasi (meski tidak benar-benar mampu menghilangkannya dengan total). Kalau punya bulu alis yang ingin ditutupi, hasilnya lebih oke jika kamu pakai Maybelline Master Camouflage Duo. Bisa juga pakai Concealer Palette, tapi harus ditambahkan beberapa lapis. Karena tidak terlalu kental banget, produk ini juga tidak bikin kerutan area bawah mata saya makin menjadi setelah berjam-jam dipakai.

Untuk masalah bagus yang mana, hmm, dua-duanya punya kelebihan masing-masing. Saya suka Concealer Palette karena kegunaannya lebih lengkap dan pilihan warnanya ada banyak. Untuk sehari-hari saya pasti akan memilih Maybelline Master Camouflage Concealer Palette dalam warna Medium. Selain karena warna untuk conceal-nya lebih gelap, saya juga tak terlalu membutuhkan color corrector hijau. Di sisi lain, Maybelline Master Camouflage Duo lebih praktis, agak lebih pekat, dan gampang dibawa-bawa.

Untuk menentukan baiknya pakai yang mana, coba sesuaikan dengan kebutuhan. kamu bakal sering-sering touch-up nggak? Kalau tidak, pilih Concealer Palette. Kalau ya, pilih yang krayon. Saya sendiri sih punya dua-duanya; satu untuk ditaruh di rumah dan satunya lagi ada di makeup pouch untuk emergency case. And I have to say, saya tidak menyesal punya dua-duanya.


Maybelline Master Camouflage Concealer Palette dibanderol dengan harga Rp179.000 dan Maybelline Master Camouflage Duo seharga Rp119.000. Kedua produk ini bisa kamu dapatkan di Sociolla. Tertarik untuk mencobanya juga?

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : Yowis Ben - Bayu Skak Tanggapi Kritikan Yowis Ben (Part 2)
05:11