1. VEMALE
  2. /
  3. SHOPPING GUIDE

Eksplorasi Tempat Belanja Murah di Dubai

Jum'at, 05 Januari 2018 15:25 Penulis: Amelia Ayu Kinanti
Souk Dubai (Foto Copyright Amelia Ayu Kinanti-Vemale.com)

Vemale.com - Berbelanja selalu menjadi salah satu tujuan kita, para perempuan, ketika melancong ke negeri orang. Saya pun begitu. Setiap jalan-jalan ke tempat baru, saya selalu ingin merasakan berbelanja mulai dari pasar tradisional, hingga mall yang paling ngehits di tempat tersebut. Beruntung saat #kunjungidubai, saya sempat mengunjungi berbagai tempat belanja seru dengan harga yang bersahabat. Ini beberapa di antaranya.

Textile Souk, Spice Souk dan Gold Souk

Textile Souk Dubai

Souk berarti pasar tradisional dalam bahasa Arab. Tapi jangan bayangkan pasar becek ya, ladies. Souk di Dubai sangatlah unik dan bahkan instagramable. Di textile Souk misalnya, bangunan tua khas Dubai yang cantik membuat Souk ini terlihat sangat menarik. Apalagi ketika dipadukan dengan segala barang yang dijual di sana, seperti kain, berbagai sepatu dan aksesori yang cantik, lampu warna-warni dan masih banyak lagi, suasananya menjadi lebih indah. Di sini, kamu bisa beli gelang, dompet, pashmina dan kaftan dari harga 5 dirham atau sekitar Rp18.500 ladies. Cocok banget untuk tempat berbelanja oleh-oleh. Dan jangan lupa nawar ya, karena semua harganya bukan harga pas. Kamu juga bisa mendapatkan diskon besar jika membeli barang dalam jumlah banyak.

Spice Souk Dubai

Nah buat kamu yang suka masak, Spice souk pasti jadi tempat yang menarik. Di sini dijual berbagai macam bumbu masak kering khas Arab seperti jahe, saffron, kunyit dan masih banyak lagi. Bisa buat oleh-oleh untuk mama lho.

Gold Souk Dubai

Nah yang tak kalah jadi perhatian wisatawan saat berkunjung ke Dubai adalah Gold Souk, atau pasar perhiasan. Di area ini, dijual berbagai perhiasan emas bertahtakan batu mulia yang cantik. Dubai memang terkenal sebagai penghasil perhiasan emas dengan desain yang unik dan kualitas emas yang bagus loh ladies. Yang pasti, kamu bisa mendapatkan perhiasan dengan batu berlian lebih murah. Konon perbedaan harganya bisa mencapai Rp5 juta lebih murah loh.

Abra di Dubai Creek

Yang menarik, Dubai Souk ini terletak di daerah Deira, Old Dubai. Untuk berpindah dari Textile Souk ke Spice Souk, kita bisa menggunakan Abra. Abra adalah kapal tradisional Dubai. Souk di daerah Deira ini dibuat mengelilingi Dubai Creek atau Sungai Kecil air asin, Dubai. Nah, sejak dulu, masyarakat Dubai menggunakan Abra agar menghemat waktu untuk pindah dari satu souk ke tempat lain.

Sebagai wisatawan, pindah dari textile souk ke spice souk menggunakan Abra adalah pengalaman menarik tersendiri untuk saya. Di atas Abra, saya bisa menyaksikan pemandangan kota tua Dubai yang indah. Perjalanan singkat ini hanya berlangsung selama kurang lebih 5 menit. Biaya naik Abra pun relatif murah yaitu 1 dirham untuk sekali naik atau sekitar Rp3700.

Lihat foto-foto Souk Dubai yang indah di sini

Berbelanja Oleh-oleh dari Seluruh Dunia di Global Village

GLobal Village Dubai

Bagi kamu yang berencana ke Dubai, disarankan untuk datang di musim dingin. Selain memang nyaman (temperatur rata-rata di siang hari 22 derajat celsius), kamu juga bisa mampir ke Global Village. Kalau di Jakarta, Global Village itu seperti Pekan Raya Jakarta (PRJ), hanya saja di Dubai, tak hanya diselenggarakan selama satu bulan, tapi 5 bulan tepatnya 158 hari (selama musim dingin).

Africa Pavillion, Gloval Vilage Dubai

Layaknya PRJ, perhelatan yang diadakan di area sebesar 50.000 meter persegi ini terdiri dari berbagai kios tempat belanja. Hanya saja, di Global Village, kiosnya dibuat dengan tema yang berbeda. Sesuai namanya, di sini kamu bisa merasakan sensasi berbelanja di negara-negara yang berbeda. Misalnya berbelanja di Afrika Selatan, Mesir, Turki, Rusia, hingga negara-negara asia tenggara seperti Thailand dan Indonesia. Tempat berbelanjanya pun dibentuk seperti pusat perbelanjaan di negara-negara tersebut, lengkap dengan pertunjukan kesenian dan budayanya. Saat berjalan-jalan di Global Village, saya merasakan pengalaman yang berbeda setiap pindah ke ‘negara’ satu ke yang lain. Benar-benar pengalaman tak terlupakan.

Global Village-Dubai UEA

Ada lebih dari 75 budaya yang dibagi dalam 27 pavilion negara di Global Village. Total kiosnya kurang lebih ada 3.500. Saya tak sempat mendatangi semua pavilion karena areanya sangat luas. Tapi saya sempat melihat aneka karpet indah yang didatangkan langsung dari Turki, hiasan dinding dari Mesir, kain-kain indah dari India, boneka matryoshka dari Rusia dan masih banyak lagi.

Di Global Village, berbagai pertunjukan menarik juga bisa disaksikan. Mulai dari tari-tarian dari seluruh dunia, hingga pertunjukan musik. Anak-anak pun bisa betah bermain karena ada playground besar yang tersedia di sana, dengan berbagai permainan seru mulai dari komedi putar hingga roller coaster.

Yang menarik, sama halnya dengan berbelanja di Souk, kamu juga bisa menawar saat berbelanja di Global Market. Jadi harga miring sudah bisa kamu nikmati, ladies.

Berbelanja di Pasar Indah Khan Murjan Arabian Souk

Khan Murjan Souk Dubai

Pasar tradisional biasanya jauh dari kata indah, tapi bukan itu yang ada di Dubai. Saya sempat mengunjungi sebuah Souk di kawasan Wafi Mall, Dubai. Jujur, saya sudah dibuat terpukau sejak berada di luar Souk. Saya disambut dengan air mancur khas turki yang indah yang diletakkan di taman depan souk. Kemudian saya masuk melalui sebuah pintu kayu dengan ukiran yang indah. Saat berada di dalam, suasananya sama sekali tak seperti pasar, melainkan lebih mirip seperti galeri seni.

Dekorasi Khan Murjan Souk trinspirasi dari dekorasi budaya Arab abad 14 dengan sentuhan Turki, Syria, dan mesir. Langit-langitnya dihiasi dengan lukisan di kaya yang merupakan lukisan kaca terpanjang di dunia. Tak hanya itu di Souk tersebut juga dijual berbagai kerajinan tangan khas, sehingga menambah kesan tradisional.

Turkish resto

Jika letih berbelanja, kamu juga bisa menikmati kopi di Bosporus, restoran khas Turki dengan arsitektur kuno yang sangat indah. Ada juga warung teh tradisional dengan dekorasi yang sangat cantik. Kamu bisa dapat berbagai gambar cantik dan instagramable di sini ladies.

Yang paling menyenangkan, harga-harga barang di Souk ini juga tak mahal dan bisa ditawar. Jadi kamu bisa mendapatkan aneka barang otentik dengan harga bersahabat, plus menikmati dekorasinya yang super cantik.

Jadi saat #KunjungiDubai, jangan lupa untuk mendatangi tiga tempat di atas ya, ladies!

(vem/kee)
KOMENTAR PEMBACA
Raditya Dika Terinpsirasi Game Untuk Film Terbarunya