KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. SHOPPING GUIDE

Tips Bagi Kamu yang Suka Membaca Review Produk Kecantikan, Jangan Tergoda!

Sabtu, 25 November 2017 16:00 Penulis: Nisita Widianti
Review kecantikan/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Siapa di sini yang suka membaca review produk kecantikan? Saya pribadi sih selalu membaca review produk terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba sebuah produk, khususnya produk skin care. Saat membaca review produk, sering kali saya langsung percaya terhadap semua perkataan blogger yang saya ikuti. Akibatnya? Ada beberapa produk yang ternyata tidak cocok dengan saya dan ujung-ujungnya jadi tidak terpakai. Terkadang kita suka lupa kalau pada dasarnya setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda dan sebuah produk yang sama bisa saja tidak bisa bekerja dengan maksimal pada jenis kulit yang berbeda. Makanya, kita harus lebih jeli dan bijak saat membaca sebuah review produk. Caranya mudah, kok! Agar tidak mudah tergiur, pertimbangkan hal ini saat membaca review produk!

Jangan Terpaku Pada Satu Reviewer Saja

Dari sekian banyak beauty blogger, tentu ada beberapa yang jadi favorit kamu, bukan? Tulisannya yang enak untuk dibaca atau gaya review-nya yang menyenangkan untuk disimak mungkin jadi alasan kamu menyukai blogger tersebut. Namun, jika ingin mencoba sebuah produk, coba cari beberapa referensi lain. Mulai dari influencer, hingga blogger yang masih pemula pun dapat dijadikan pertimbangan. Dengan mempertimbangkan beberapa reviewer sebagai acuan, tentu akan lebih mudah untuk memutuskan produk apa yang sepertinya cocok untuk kamu.

Cari Tahu Jenis dan Warna Kulit Pembuat Review Secara Detail

Selain harus mengetahui jenis dan warna kulit diri sendiri, kamu juga harus mengetahui jenis dan warna kulit reviewer yang kamu ikuti. Kering, berminyak, dan kombinasi merupakan kondisi kulit yang menggambarkan seberapa banyak sebum yang ada pada wajah. Untuk makeup, warna kulit juga berperan besar, kalau reviewer yang kamu jadikan acuan kulitnya lebih terang atau lebih gelap dari kamu, bisa jadi produknya saat dipakai kamu akan memberi hasil yang beda. Meskipun kamu dan reviewer memiliki tingkat sebum yang serupa, bukan berarti produk yang dikenakan akan cocok. Selain masalah sebum, banyak masalah kulit lainnya seperti kulit dehidrasi, jerawat, hormon, hingga tingkat sensitivitas yang berbeda. Jika blogger yang kamu ikuti tidak menjelaskan secara detail mengenai jenis kulitnya, kamu bisa menanyakannya melalui kolom komentar.

Baca juga: Tertarik Jadi Beauty Blogger? Cari Tahu Kunci Suksesnya dari Janine Intansari!

Ketahui Lebih Lanjut Tentang Kandungan dalam Produk

Kandungan tertentu pada produk tentu akan menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih produk. Jika sebuah produk memiliki kandungan yang populer karena khasiatnya, tentu akan sangat menggoda untuk langsung mencoba produk tersebut. Namun, hanya karena memiliki kandungan tertentu, bukan berarti produk tersebut akan menjamin hasil yang maksimal. Keampuhan sebuah produk sangat dipengaruhi juga oleh seberapa banyak kadar kandungan tersebut.

Jangan Menelan Review Mentah-mentah

Membaca review produk yang sangat baik? Jangan langsung tergiur! Bisa saja postingan tersebut disponsori sebuah brand. Di era digital seperti sekarang, banyak brand yang memilih untuk mengiklankan produknya melalui influencer dan blogger. Cara ini dianggap lebih ampuh untuk menargetkan produknya terhadap target pasar tertentu. Jadi, lebih jeli dan jangan langsung menelan review tersebut mentah-mentah, ya! Biasanya sih ada beberapa blogger yang mencantumkan informasi apabila post yang ia tulis bersifat berbayar.

Baca juga: 7 Tips Penting untuk Jadi Beauty Blogger

Jangan Berekspektasi Tinggi

Salah satu hal terpenting yang harus kamu ingat ketika membaca review adalah: tidak semua produk dengan segudang review baik akan cocok dengan kamu, begitu juga dengan sebaliknya. Misalnya, ketika ada sebuah produk yang menjadi viral dan diklaim sebagai produk Holy Grail dari banyak beauty blogger, pasti kamu tertarik untuk mencobanya bukan? Boleh saja kalau ingin ikut mencoba produk yang tengah viral. Namun, tetap jaga ekspektasi kamu ya, ladies! Beruntung kalau memang cocok, tapi kalau misalnya tidak sesuai ekspektasi pun, belum berarti produk tersebut jelek kan?

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA