KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. SHOPPING GUIDE

Review: Buku Cerita Winnie the Pooh - A. A. Milne

Jum'at, 20 Oktober 2017 19:30 Penulis: Endah Wijayanti
Winnie the Pooh./Copyright Vemale/Endah

Vemale.com - Judul: Winnie the Pooh
Penulis: A. A. Milne
Ilustrasi: E. H. Shepard
Penerjemah: Berliani Nugrahanti
Penyunting: Shindrati a. Shinta & Yuli Pritania
Penyelaras aksara: Nani
Penata aksara: CDDC/NH
Cetakan ke-1, Juli 2017
Penerbit Noura Books (PT. Mizan Publika)

"Kau beruang terbaik di seluruh dunia," kata Christopher Robin dengan lembut.
"Benarkah?" tanya Pooh penuh harap. Dan, wajahnya seketika berseri-seri.

Pooh, yang menyukai madu dan suka mengarang lagu, tinggal di Hutan Seratus Ekar bersama teman-temannya, Piglet yang pemalu, Christopher Robin yang dewasa dan pintar, Eeyore yang sinis dan pesimistis, Rabbit yang cerewet, Owl yang bijaksana, juga tetangga baru mereka, Kanga, sang ibu kanguru, dan Roo, anaknya yang lucu.

Terpilih sebagai karakter buku anak terfavorit bahkan setelah 90 tahun sejak diterbitkan di UK, dan mengalahkan karakter terkenal lainnya seperti Harry Potter, Bilbo Baggins si Hobbit, dan Matilda karya Roald Dahl, Winnie-the-Pooh menjadi buku yang wajib dikoleksi sepanjang masa, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.

***

Winnie the Pooh bukan lagi sosok yang asing di masa kanak-kanak kita. Banyak cerita menarik yang pastinya pernah kita baca atau tonton di tayangan kartun Winnie the Pooh. Tapi tahukah bagaimana awal mula perkenalan Christopher Robin dan Winnie the Pooh? Nah, di buku ini kisah perkenalan itu diungkap.

Terdiri dari 10 bab, buku cerita ini akan membawa kita mengikuti berbagai cerita menarik Pooh bersama kawan-kawannya. Ada cerita soal Pooh yang bertamu dan masuk ke tempat sesak. Cerita Eeyore yang kehilangan ekornya dan bagaimana kemudian Pooh menemukan ekor untuk Eeyore. Sampai soal cerita Christopher Robin yang menggelar pesta untuk Pooh.

Sosok Pooh memang membuat siapa saja mudah jatuh cinta padanya. Pooh yang begitu polos sangat menggemaskan. Apalagi ketika ia mulai bernyanyi dan mengarang lagu, ada saja kata-kata lucu yang dibuatnya.

Sungguh manis menjadi Awan
Melayang di langit Biru!
Setiap gumpalan awan
Selalu bernyanyi menawan.

Sungguh manis menjadi Awan
Melayang di langit Biru!
Membuatnya bangga dengan
Menjadi segumpal awan.
(hlm. 14)

Kenalan sama Winnie the Pooh, yuk./Copyright Vemale/Endah

Salah satu cerita yang cukup berkesan adalah soal usaha Pooh dan Piglet memberi kado ulang tahun untuk Eeyore. Meski kado yang diberikan ternyata nggak sesuai harapan, tapi perjuangan mereka memberikan sesuatu yang berkesan untuk Eeyore memang patut diberi pujian. Ada pelajaran menarik di sini soal empati dan apa itu artinya menjadi sahabat sejati. Meski ya masih saja ada kecerobohan yang dilakukan oleh Pooh dan Piglet saat itu.

Ilustrasinya juga lucu./Copyright Vemale/Endah

Di buku ini kita juga akan bertemu dengan Heffalump. Juga ada cerita soal kedatangan Kanga dan Baby Roo. Kisah Christopher Robin yang memimpin ekspedisi ke Kutub Utara juga sangat seru. Dilengkapi dengan berbagai ilustrasi dan gambar lucu, buku ini cocok dinikmati seluruh anggota keluarga.

Buku karya klasik ini rasanya juga wajib dikoleksi. Bisa dijadikan buku untuk mendongeng setiap malam pada anak-anak. Juga dijadikan media untuk mengajarkan sejumlah nilai kebaikan dari kisah Pooh serta teman-temannya yang lain.

Setelah baca buku ini, jangan lupa untuk mengikuti kisah Pooh yang lainnya di buku The House at Pooh Corner ini juga, ya. Mengikuti kisahnya, kita akan dibuat makin jatuh cinta deh sama Winnie the Pooh.

(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Review Buku
  2. Review