KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. SHOPPING GUIDE

Review: Buku ''Real Mom, Real Journey'' - Elvina Lim Kusumo

Sabtu, 14 Oktober 2017 19:30 Penulis: Endah Wijayanti
Real Mom, Real Journey./Copyright Vemale/Endah

Vemale.com - Judul: Real Mom Real Journey (and Other Motherhood Stories)
Penulis: Elvina Lim Kusumo
Penyunting: Noni Rosliyani & Ranny Affandi
Perancang sampul: Wirastuti
Ilustrasi isi: Anisa Meilasyari
Pemeriksa aksara: Yayan R. H.
Penata aksara: @youbringcolor
Diterbitkan oleh B First (PT Bentang Pustaka)
Cetakan Pertama, Agustus 2017

Menjadi ibu harus bisa menyenangkan banyak orang dan mengerjakan segala sesuatu sesempurna mungkin. Namun Elvina menolak itu semua. Menjadi ibu bukan berarti harus serbabisa. Maka mulailah dia memilah, mana kegiatan yang disukai dan mana yang tidak disukai. Dan salah satu yang paling membuatnya bersemangat adalah pendidikan anak usia dini dengan pendekatan Montessori.

Melalui buku ini, Elvina dan 19 mommies di komunitas yang didirikannya, IndonesiaMontessori.Com, membagikan kisah inspiratifnya menjadi ibu. Misalnya, harus mengasuh anak seorang diri di negara asing, menjadi ibu pekerja yang tetap ingin bermain-main bersama anak, pengorbanan bertahun-tahun untuk bisa memiliki anak, perjuangan ibu melawan sakit yang diderita demi anak dan keluarga, serta masih banyak lagi.

Real Mom, Real Journey. Sebuah buku yang akan menceritakan secara ringan, tentang montessori parenting, serta berbagai lifehack dan kisah inspiratif dunia motherhood. Semoga buku ini dapat menjadi oase segar untuk perjalanan motherhood Anda. Serta mengingatkan, apapun latar belakang kita, pilihan kita, talenta kita, ... kita ini sama-sama seorang IBU.

***

Menjadi ibu adalah sebuah anugerah yang terindah. Dimulai dari momen hamil hingga melahirkan sampai mengasuh dan mendidik anak, semuanya sangat berharga. Tapi memang tak bisa dipungkiri kalau dalam perjalanannya ada banyak suka dukanya.

Real Mom, Real Journey, buku karya Elvina Lim Kusumo (Vina) ini berisi banyak hal menarik dan inspiratif soal menjalani peran sebagai seorang ibu. Selain itu, dibahas juga soal metode montessori. Metode yang satu ini memang bukan sesuatu yang asing lagi, ya.

Buat yang masih belum tahu soal Montessori, ini penjelasan singkatnya. Metode Montessori, seperti yang dikutip dari Wikipedia, adalah suatu metode pendidikan untuk anak-anak, berdasar pada teori perkembangan anak dari Dr. Maria Montessori, seorang pendidik dari Italia di akhir abad 19 dan awal abad 20. Metode ini diterapkan terutama di pra-sekolah dan sekolah dasar, walaupun ada juga penerapannya sampai jenjang pendidikan menengah.

Banyak hal menarik tentang dunia ibu dan mengasuh anak di buku ini./Copyright Vemale/Endah

Saya sependapat dengan Dr. Maria Montessori bahwa anak-anak yang dapat melakukan berbagai hal sendiri akan menjadi anak yang lebih bahagia dan mandiri. Mengapa? Karena anak-anak itu turut bahagia apabila mereka ikut berperan dan berkontribusi dalam hidup sehari-hari, baik di rumah maupun di lingkungan tempat ia hidup.
(hlm. 4)


Di buku ini, Vina menceritakan kisahnya mulai dari hamil hingga menerapkan Metode Montessori pada buah hatinya, C. Ditulis dengan bahasa yang ringan, ceritanya sangat menarik untuk diikuti. Seperti pengalamannya mengaplikasikan Metode Montessori di rumah, suka duka menjalani peran ibu yang kadang bikin stres (ada bahasan yang menarik soal ini di Dancing in the Rain dan The Spilled Milk), hingga hal-hal unik lainnya seperti kisah di balik penamaan Flubby Jelly.

Oh iya, buku ini juga memuat cerita dan kisah nyata dari 30 ibu lainnya. Membaca kisah para ibu ini jadi membuat kita merasa tak pernah sendiri. Setiap ibu ternyata punya tantangan dan perjuangannya masing-masing. Ada yang bikin ketawa tapi juga ada yang sampai bikin terharu.

Kutipan-kutipan di dalamnya juga sangat menginspirasi./Copyright Vemale/Endah

Memang naluri dan kodrat keibuan kita selalu ingin memberi yang terbaik untuk anak, bagaikan martir kita berusaha mengesampingkan kebutuhan kita, keinginan kita, bahkan mimpi kita untuk keluarga.
(hlm. 30)


Berbagai tips di Motherhood Lifehack seperti menjaga dapur tetap bersih dan tips soal traveling bareng si kecil sangat bermanfaat sekali. Di bagian akhir buku ini ada Montessori Inspired Activities. Di bab ini ada 10 ide kegiatan seru yang bisa dilakukan di rumah bersama si kecil. Ada DIY Cuper Corny Rainbow Noodle, Super Corny Corn, Our Earth Sensory Bin, Washing Car Foamy Fun, Horse Sensory Beans, Capillary Colorful Rainbow, dan yang tak kalah menarik adalah Hulk Flubby Jelly. Semua dijelaskan detail mulai dari bahan-bahan dan cara membuatnya, jadi bisa langsung dicoba sendiri di rumah.

Real Mom, Real Journey ini memang buku yang sangat pas untuk para ibu, calon ibu, hingga semua perempuan yang sedang mempersiapkan diri menjadi seorang ibu. Membaca buku ini, kita akan semakin diajak untuk lebih banyak bersyukur dan pastinya lebih bersemangat dalam memberikan pendidikan dan pengasuhan yang terbaik untuk anak. Ada banyak kutipan menarik di dalamnya dengan layout warna-warni yang dijamin bikin betah baca sampai habis.

(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA