Sukses

Fashion

Review: Buku Pintar Rencanakan Keuangan, Make It Happen - Prita H.G.

Judul: Make It Happen! Buku Pintar Rencana Keuangan untuk Wujudkan Mimpi
Penulis: Prita Hapsari Ghozie
Desain cover & isi: Cita Tahir
Cetakan keempat, Juni 2016
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Pernah bermimpi ingin...
Memiliki rumah yang indah tempat berkumpulnya keluarga?
Memiliki kendaraan sehingga tidak perlu repot berpindah tempat ke sana kemari?
Melihat anak-anak tumbuh bahagia dan mengantarkan mereka menjadi the best that they can be tanpa mengkhawatirkan dana pendidikannya?
Hidup nyaman dan meraih kebebasan finansial meski sudah tidak lagi bekerja? ... tapi saat ini masih bisa memiliki kehidupan sosial yang menyenangkan.

Make It Happen! Buku ini berisi tahapan-tahapan dalam perencanaan keuangan untuk mewujudkan berbagai mimpi Anda. Dirangkum dalam ilustrasi yang sangat menarik dan bahasa yang membumi, buku ini dapat menjadi panduan bagi siapa saja. Tidak ketinggalan, Anda bisa temukan rajutan kisah inspiratif para sahabat Prita: Merry Riana, Moza Pramita, dan Ria Hanin "Coffee Toffe" di buku ini.

Buku yang bukan hanya ditulis untuk menginspirasi Anda meraih mimpi, tapi juga menjadikan kehidupan Anda lebih baik dan sejahtera.

***

Pernah nggak ngalamin yang namanya bokek di tengah bulan? Baru dapat gaji, eh nggak lama kemudian sudah habis untuk ini itu. Uang yang didapat selalu saja habis. Nggak ada simpanan, apalagi investasi untuk masa depan. Rasanya banyak dari kita yang mengalaminya, ya ladies. Sudah terlalu sibuk dengan berbagai urusan sampai tak ada waktu lagi untuk mengatur soal keuangan.

Padahal mengatur keuangan itu penting banget, lho. Biar hidup jadi lebih terencana dan nggak gampang panik saat ada kebutuhan mendesak. Mengatur keuangan terasa seperti hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Tapi kalau tahu caranya, ternyata nggak bikin kenin berkerut. Inilah yang dibahas di buku karya Prita Hapsari Ghozie, Make It Happen!

Buku ini ditulis dengan bahasa sederhana yang mudah dicerna dan isinya sangat padat sekaligus inspiratif. Kita akan diajak untuk mengecek kesehatan keuangan kita, memulai dan menyusun rencana keuangan, mengenal berbagai produk keuangan, hingga mewujudkan berbagai mimpi besar dengan mulai merencanakan keuangan sedini mungkin.

Saya dan teman-teman di ZAP Finance percaya betul bahwa rezeki yang kita terima hari ini PASTI CUKUP, dengan porsi TERBAIK yang diukur oleh Allah SWT. Hanya saja, kadang kita yang masih kurang pandai dalam mengoptimalkan rezeki yang diperoleh.
(hlm. 55)

Cek keuanganmu./Copyright Vemale/Endah

Dari buku ini, kita akan belajar banyak hal soal mengoptimalkan setiap pemasukan yang kita punya. Semakin cermat dan teliti membuat perencanaan keuangan, semakin mudah hidup kita dalam mewujudkan setiap impian. Buku yang dilengkapi dengan ilustrasi dan tabel yang sangat mudah dipahami ini sangat cocok untuk siapa saja, khususnya yang baru akan mulai belajar soal mengatur keuangan.

Panduan perencanaan keuangannya sangat jelas dan detail. Mudah sekali diikuti. Kalau selama ini kita menganggap kalau cara terbaik untuk mengatur keuangan adalah dengan menabung, di buku ini kita akan mengenal berbagai info baru soal membuat perencanaan keuangan yang lebih baik dari sekadar menabung. Kita akan diajak memahami soal investasi dan juga gambaran untuk memulainya.

The pleasure of savings is equal to the pleasure of spending.
(hlm. 85)

Merencanakan keuangan itu penting./Copyright Vemale/Endah

Punya mimpi membeli rumah, menyiapkan dana pendidikan anak yang cukup, mimpi bisa belanja dan liburan, dan memiliki masa pensiun yang nyaman? Semua itu dikupas satu per satu di buku ini. Bahkan ada juga panduan soal memiliki gaya hidup yang bebas utang. Wah, buku ini benar-benar ngebantu banget untuk lebih bijak dalam mengelola keuangan.

Salah satu pembahasan yang paling menarik di buku ini adalah "The Magic of ASI in Financial Planning". Ternyata air susu ibu dan perencanaan keuangan itu ada hubungannya. Semua dijelaskan sangat detail dan benar-benar membuka pandangan. Dari pembahasan #MatematikASI ini jadi makin paham juga soal kenapa banyak orang meyakini bahwa banyak anak itu banyak rezeki.

Setelah membaca buku ini, jadi langsung tergerak untuk membuat perencanaan keuangan yang lebih matang dan terarah. Biar nggak gampang bokek lagi. Biar nggak gampang stres lagi mengatur pemasukan dan pengeluaran. Dari langkah sederhana mengatur keuangan dengan disiplin, satu per satu mimpi besar kita bisa diwujudkan dengan lebih mudah.

Make It Happen! jadi buku yang cocok banget buat kamu yang ingin belajar soal mengatur dan merencanakan keuangan yang nggak bikin pusing. Nggak usah khawatir kalau nggak punya latar belakang ilmu ekonomi, buku ini cukup ringan tapi sangat mengenyangkan untuk diikuti. Happy reading, ladies!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading