Sukses

Fashion

[Vemale’s Review] Novel ''Caraval'' – Stephanie Garber

Judul: Caraval
Penulis: Stephanie Garber
Penerjemah: Jia Effendie
Penyunting: Yuli Pritania
Penata aksara: twistedbydesign
Cetakan ke-1, Maret 2017
Diterbitkan oleh Penerbit Noura (PT. Mizan Publika)

Selamat datang, selamat datang di Caraval!
Tella kabur dari rumah demi datang ke Caraval, muak dengan kekejaman sang ayah. Scarlett, sang kakak, berusaha mengejar dengan pertolongan dari seorang pemuda asing, Julian.

Di dalam, kalian akan temukan lebih banyak keajaiban daripada yang bisa disaksikan orang lain seumur hidup mereka.

Tella menghilang. Tidak ingin terpesona pada sihir Caraval, Scarlett hanya ingin menemukan Tella dan pulang tepat waktu di hari pernikahannya. Tapi itu tidak mudah.

Dunia kami dibangun dari khayalan.

Jadi, walaupun kami ingin kalian terhanyut, berhati-hatilah jangan sampai terseret arus terlalu jauh.
Scarlett kehabisan waktu dan dunia gelap Caraval memerangkapnya. Satu per satu orang di sekitarnya mati dan nyawa Scarlett ikut terancam.

Mimpi-mimpi yang menjadi nyata memang indah, tetapi itu juga bisa menjadi mimpi buruk jika kalian tidak terjaga.
Kini, Scarlett tidak yakin lagi mana yang nyata dan mana yang tidak. Caraval sama sekali tidak seperti yang pernah dia bayangkan.
Dan, ingatlah, ini semua hanya permainan.



Tujuh tahun lamanya Scarlett mengirim surat meminta Master Caraval, Legend dan para pemainnya untuk datang ke Pulau Trisda. Sebenarnya Scarlett mengirim surat itu demi adiknya, Donatella (Tella). Tella sangat ingin bertemu Legend dan para pemainnya. Mengetahui hal tersebut, Scarlett sangat berharap bisa mendatangkan Caraval sebagai hadiah ulang tahun untuk Tella.

Awalnya surat-surat Scarlett tak mendapat balasan, hingga pada suatu hari Scarlett mendapat balasan surat sekaligus undangan untuk mengikuti pertunjukan dan permainan Caraval. Kabar ini langsung disambut antusias oleh Tella. Tapi Scarlett gamang, ia telah dijodohkan dengan seorang count yang berasal dari Kekaisaran Elantine. Hari pernikahannya sebentar lagi tiba, kalau ia pergi memenuhi undangan Legend takutnya dia akan melewatkanya pernikahannya.

Foto: copyright Vemale/Endah Wijayanti
Namun, Tella tetap bersikeras untuk mengikuti Caraval. Meski Scarlett punya anggapan pernikahannya akan jadi jalan keluarnya untuk meninggalkan Pulau Trisda dan bisa lepas dari Ayahnya yang jahat Marcello, Tella tetap saja khawatir. Bagaimana kalau ternyata sang count sama jahatnya dengan Marcello? Terlebih Scarlett juga sama sekali tidak tahu wajah apalagi latar belakang sang count yang sebenarnya.

Beruntung ada Julian, seorang pelaut yang saat itu sedang berkunjung ke Pulau Trisda. Julian tahu letak digelarnya permainan Caraval. Ia dulu pernah ke Caraval. Setelah Tella kabur demi datang ke Caraval, Julian lah yang kemudian menemani Scarlett untuk mencari adiknya tersebut.
Meninggalkan Pulau Trisda bukanlah perkara yang mudah bagi Scarlett. Ayahnya yang sangat keras dan protektif tak ragu untuk main tangan jika Scarlett atau Tella melakukan kesalahan. Sejak kepergian ibunya, Paloma yang sangat misterius, sikap ayahnya jadi berbuah drastis. Dan itu membuat Scarlett dan Tella merasa tertekan dan terkungkung di tempat tinggalnya sendiri.

Setiap orang memiliki kekuatan untuk mengubah takdir mereka jika mereka cukup berani memperjuangkan hasratnya lebih dari apapun.
(hlm. 156)

Permainan di Caraval selalu berubah setiap tahunnya. Kali ini, Tella yang menghilang dijadikan bahan permainan. Scarlett harus mengikuti berbagai petunjuk untuk bisa menemukan adiknya itu. Ditemani Julian, Scarlett berjuang untuk bertahan di setiap misteri yang ditemuinya.
Dalam permainan tersebut, Scarlett juga bertemu dengan Dante dan adiknya Valentina. Pada tahun sebelumnya, Dante memenangi Caraval. Ia kembali untuk melakukan sesuatu atas kemenangannya yang tersebut. Keadaan makin rumit saat Valentina menghilang, dan Scarlett kemudian melihat sesuatu yang mengerikan pada Dante.

Foto: copyright Vemale/Endah Wijayanti

Akhirnya, dia mengerti apa yang dimaksud Tella saat berkata ada lebih banyak kehidupan daraipada hanya cari aman.
(hlm. 281)

Sosok Legend juga sangat misterius. Banyak kisah dan desas-desus yang berkaitan dengannya. Mulai dari parasnya yang tampan hingga kisah cintanya yang begitu penuh misteri. Bahkan sepertinya Legend punya hubungan dengan nenek Scarlett dan Tella. Sulit menebak mana yang benar dan rekaan dari semua info yang beredar. Lalu bagaimana akhir dari perjuangan Scarlett menemukan adiknya yang hilang? Ada kaitan apa pula Julian dan Legend? Apa yang sebenarnya terjadi dengan sosok seorang perempuan yang terbunuh pada permainan Caraval sebelumnya sampai membuat Caraval sempat vakum? Semua misteri itu benar-benar bikin kamu nggak bisa berhenti baca novel menarik ini.

Di Caraval, kisah petualangan Scarlett dan Julian mengikuti Caraval yang paling dominan. Keberadaan Tella pun terus jadi misteri setidaknya sampai bab-bab terakhir yang menyuguhkan fakta yang mengejutkan. Sesuatu yang di luar dugaan pun terjadi antara Scarlett dan Julian.

Novel fantasi yang satu ini memang bikin kita ikut terhanyut dalam setiap keajaiban dan sihir di dalamnya. Berbagai petunjuk dan teka-teki membuat kita terus penasaran untuk mengetahui akhir ceritanya. Dan setelah selesai baca Caraval, rasanya tak sabar untuk menunggu kelanjutan serinya.




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading