Sukses

Fashion

[Vemale's Review] Buku ''Rahasia DNA'' Karya Kazuo Murakami

Judul: Rahasia DNA (Hardcover)
Penulis: Kazuo Murakami
Alih bahasa: Faizal
Desain sampul: Fandy Dwimarjaya & Suprianto
Tata letak isi: Fajarianto
Cetakan pertama, April 2015
Penerbit Gramedia Pustaka Utama

Buku ini merupakan lanjutan dari karya Kazuo Murakami sebelumnya yang berjudul Misteri DNA. Pada buku ini dijelaskan informasi genetik manusia pada DNA ditulis dengan empat huruf kimia yang merupakan materi kimia berupa 4 jenis basa yaitu A (Adenine), T (Thymine), C (Cytosine), dan G (Guanine) dan jumlah huruf-huruf ini ada 3 miliar. Suatu hal yang luar biasa ketika 4 jenis huruf ini bisa menciptakan 7 miliar manusia yang berbeda-beda.

Hal-hal penting yang perlu Anda ketahui dalam buku ini:

1. Jika DNA diibaratkan sebagai kamus, gen bisa diibaratkan sebagai kalimat yang terdapat pada kamus tersebut.

2. Gen merupakan bagian yang sangat kecil dari semua informasi dalam DNA, hanya 5%.

3. Gen bukan hanya memprogram kelahiran dan produksi sel, tetapi juga kematiannya.

4. Dalam satu hari ada beberapa ratus miliar sel darah merah orang dewasa yang rusak.

5. Terbentuknya sel kanker adalah dari kinerja gen yang tidak normal.

6. Makan secukupnya dan rasa lapar yang pas dapat “menyalakan” gen yang baik.

7. Hidup demi orang lain juga akan “menyalakan” gen yang baik.

8. Tertawa dan perasaan haru bisa mengubah cara kerja gen.

9. Anak yang putus sekolah pun bisa lebih pintar daripada mahasiswa jika kinerja gen yang baik menyala.

Pastinya kita sudah familiar dengan yang namanya DNA. DNA (Asam Deoksiribonukleat) merupakan asam nukelat yang di dalamnya terdapat sebuah sel makhluk hidup. Setiap makhluk hidup memiliki struktur DNA masing-masing. Tapi tahukah kalau ternyata ada banyak misteri dan rahasi mengejutkan dari DNA?

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya soal apa itu bentuk kehidupan, di mana awal kehidupan, dari mana asal wujud kehidupan, ke mana kita akan pergi, apa tujuan kita di depan, dan apa arti kematian. Jawaban untuk semua pertanyaan itu ternyata bisa kita temukan dengan mengungkap rahasia DNA. Dalam buku Rahasia DNA karya Kazuo Murakami ini kita akan diajak untuk mengupas soal DNA dan kaitannya dengan kehidupan yang kita jalani.

Awalnya saya membayangkan buku ini akan berisi berbagai istilah ilmiah yang rumit dan memusingkan. Tapi ternyata bahasanya sangat mudah dipahami (terima kasih untuk penerjemahnya juga). Dan yang paling menyenangkan adalah di buku ini kita juga diajak untuk mengupas hal yang lebih dalam, bukan cuma sebatas memahami DNA dengan semua fungsi dan cara kerjanya.

Foto: copyright Vemale/Endah Wijayanti

Kita diajak untuk belajar bisa lebih memahami makna hidup dengan menelusuri lebih jauh soal DNA. Mulai dari soal nyala/padam gen, pengaruh stres dan lingkungan terhadap nyala/padam gen, hakikat dan kebahagiaan manusia, hingga kenapa ada aneka putus sekolah yang justru lebih pintar dari mahasiswa. Berbagai fakta lain yang menarik terkait gen juga diungkap, seperti soal ikan jantan yang bisa berubah jadi betina karena pengaruh suhu dan bagaimana kemampuan seseorang bisa berubah dalam situasi lingkungan tertentu.

Ada satu fakta yang cukup mengejutkan. Yaitu kenyataan bahwa gen manusia hanya dua kali lipat lalat. Bagi saya yang baru pertama kali mengetahuinya agak terkejut juga, kok bisa ya? Dan membaca penjelasannya membuat saya kemudian mengangguk-angguk sendiri. Selain itu, masih banyak fakta lain yang akan membuat kita tercengang saat membaca Rahasia DNA.

Foto: copyright Vemale/Endah Wijayanti

"Bukan kematian yang datang di akhir hidup, tapi hidup itu sendiri sudah mengandung kematian. Jadi dapat dikatakan bahwa kematian adalah bagian dari kehidupan. Pertimbangan filosofis seperti ini bahkan membuat orang dengan pikiran samar-samar seperti saya jadi berpikir dalam-dalam. Bisa dikatakan itu juga merupakan keajaiban gen dan kehebatan DNA."

(hlm. 29)

Selama ini pasti kita pernah merasa sebuah naluri untuk bisa berbuat kebaikan. Ada dorongan untuk bisa menjadi orang yang bermanfaat dan memberi arti dalam hidup. Itu semua ternyata juga ada kaitannya dengan DNA yang kita punya. Membaca Rahasia DNA membuat saya jadi lebih termotivasi dan terdorong untuk melakukan lebih banyak hal baik dalam hidup.

Foto: copyright Vemale/Endah Wijayanti

Rahasia DNA benar-benar buku yang menarik dan sangat bermanfaat. Kita akan menemukan banyak jawaban soal kehidupan juga kematian dari buku ini. Kita pun akan digugah kembali soal Sesuatu Yang Agung di balik setiap penciptaan.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading