Sukses

Fashion

[Vemale's Review] Satu Lentera Seribu Cahaya - Alberthiene Endah

Judul: Satu Lentera Seribu Cahaya
         Kisah nyata Aprie Angeline, mahasiswi dengan bisnis online shop berpenghasilan ratusan juta rupiah
Penulis: Alberthiene Endah
Desain sampul & isi: J. Henk Winiarti
Terbit : Januari 2015
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama


“Terpaksa” kuliah di fakultas kedokteran sebuah universitas negeri ternama demi membahagiakan orangtua ternyata membawa kehidupan Aprie Angeline ke dalam masa-masa suram. Ia mengalami depresi yang hebat.

Namun, keadaan yang buruk itu justru memicunya untuk mencari alternatif yang bisa ia persembahkan sebagai sebentuk sukses yang berbeda bagi orangtuanya. Ia pun hilir mudik dari satu peristiwa ke peristiwa lainnya sambil menutupi bahwa dirinya sudah tak kuliah di fakultas kedokteran lagi.

Perjuangan Angel sempat mengarah pada bisnis MLM. Ia bahkan juga terjun ke dunia sinetron. berbagai pembelajaran ia serap dari perjuangannya untuk menemukan kesuksesan. Sukses akhirnya ia dapatkan dari ranah online shop dengan penghasilan bersih mencapai ratusan juta rupiah sebulan. Kehidupan kuliahnya pun menjadi jauh lebih menyenangkan karena ia akhirnya bisa memilih bidang yang ia sukai. Ia kini giat berbicara di banyak forum untuk menebarkan semangat pada anak-anak muda dan mengajarkan kekuatan online sebagai celah bisnis menjanjikan.


Pernah terjebak dalam sebuah pilihan yang tak kita sukai? Pernah dihantui rasa takut karena suatu keadaan yang membuat kita tak bisa melarikan diri? Atau pernah sampai sempat kepikiran untuk bunuh diri karena merasa tak sanggup menjalani hidup? Buat kamu yang sedang terjebak dalam rasa tak menentu sementara semangat untuk sukses masih menggebu, buku karya Alberthiene Endah (AE) yang diangkat dari kisah nyata Aprie Angeline (Angel) ini bisa memantik lagi motivasimu.

Diterima jadi mahasiswa kedokteran di sebuah universitas bergengsi tak lantas membuat Angel bahagia. Saat kedua orang tuanya sangat senang dan membangga-banggakan dirinya, Angel malah merasa sangat terpuruk. Menginjakkan kaki di kampus pun sering membuatnya dihantui rasa takut. Sebagai anak rantau dari Sorong, Angel awalnya mencoba bertahan hidup di Yogyakarta. Tapi bagaimana pun perasaan sendiri tak bisa dibohongi.

Foto: copyright Vemale/Endah Wijayanti

Terjebak dilema antara tak ingin menyakiti hati kedua orang tuanya tapi juga tak bisa membohongi perasaannya, Angel sempat ingin mengakhiri hidupnya sendiri. Dia sangat kalut dengan situasi dan kondisi yang dijalaninya. Sampai kemudian ia mencoba dunia baru, bisnis Multi Level Marketing (MLM).

Tak disangka, Angel begitu menggebu dalam menjalani MLM. Berburu downline kesana kemari pun dilakoninya. Bagaimana dengan kuliahnya? Hm, tak bisa dipungkiri kalau kuliahnya jadi prioritas yang kesekian. Bahkan Angel tak mau terus terang pada orang tuanya kalau dia ikut bisnis MLM. Meski begitu, Angel sangat getol dan bekerja sangat keras di dunia MLM. Sebuah keputusan besar dalam perkualiahannya pun diambil. Ia juga sampai rela pergi ke Surabaya dan Malang demi melebarkan sayapnya. Jatuh bangun dialaminya selama menekuni MLM, mulai dari usaha penghematan dengan makan nasi kucing sampai pernah cuma punya uang 5 ribu rupiah untuk beli bensin. Tapi yang paling menyiksa adalah kebohongan demi kebohongan yang ia sampaikan pada kedua orang tuanya.

Foto: copyright Vemale/Endah Wijayanti

Oh ya, Angel dulu juga punya cita-cita ingin jadi bintang sinetron. Dan impian itu pun sempat berusaha diwujudkannya, meski nggak bisa jadi pemeran utama tapi lumayan dia bisa sering-sering melihat para artis terkenal. Dari situ ia malah tertarik dengan dunia online shop. Awalnya iseng-iseng belanja di online shop, lalu jadi reseller, eh kok jadi seru. Dia pun keterusan. Itulah titik awal kemudian Angel mulai mengetahui seluk beluk online shop. Dengan perjuangan yang ulet pula, kini Angel sudah bisa mengantongi uang ratusan juta rupiah setiap bulannya.


Untuk kaum muda yang selalu merasa hari-harinya sangat gelap. Beranilah BERMIMPI karena dari MIMPI kita bisa MENGGENGGAM DUNIA. Ketika kita ingin sukses, milikilah prinsip NIAT dan KARAKTER yang baik, harus seimbang, percayalah apapun yang kita raih dan kerjakan akan menjadi lancar dan terang, seterang matahari menyinari bumi.
- Aprie Angeline

Foto: copyright Vemale/Endah Wijayanti

Bahasa yang digunakan Mbak AE dalam memaparkan kisah Angel ini sangat ringan dan juga kocak. Kita diajak mengikuti kisah Angel yang sering galau, dilema, hingga perjuangannya untuk bertahan. Saya jadi ikut merasakan betapa sedih dan bingungnya saat harus mengatakan yang sejujurnya ke orang tua. Orang tua sudah berjuang dan berkorban banyak untuk masa depan kita. Tak tega hati untuk mengecewakannya. Tapi kita juga nggak bisa membohongi diri sendiri. Tak mudah juga bagi Angel untuk akhirnya bisa mencoba berdamai dengan mengambil keputusan besar dalam hidupnya.

Yang bikin salut dari kisah Angel adalah niat dan usahanya yang luar biasa untuk bisa berhasil dan tak mengecewakan orang tua. Menekuni bisnis online pun dilakukannya dengan sungguh-sungguh. Sampai kemudian dia punya brand sendiri dan berpenghasilan ratusan juta rupiah. Semua pengalaman yang didapatnya dari menjalani bisnis MLM pun ternyata sangat berguna ketika ia terjun ke bisnis online.

Foto: copyright Vemale/Endah Wijayanti

Di buku ini kita juga akan menemukan sejumlah tips menjalankan bisnis online supaya sukses. Buat kamu yang tertarik untuk terjun ke bisnis online, tips-tips dari Angel bisa kamu coba. Dan buat kamu yang saat ini tersesat atau terjebak dalam pilihan yang sebenarnya tak sesuai dengan hatimu, kisah Angel bisa mencerahkanmu.





(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading