KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. SEGAR DAN RILEKS

Skizofrenia, Bagaimana Pengaruhnya Dalam Hidup?

Minggu, 02 November 2014 18:30 Penulis: feb
Copyright by Thinkstock.com

Vemale.com - Syukuri jika Anda memiliki tubuh yang sehat serta mental yang kuat dan tidak terguncang. Karena sebagian orang tidak mengalami hal yang sama dengan Anda. Ada beberapa orang, yang karena beberapa hal, justru mengalami apa yang sebenarnya juga tidak ingin mereka alami, seperti misalnya skizofrenia.

Gejala biasanya dimulai saat usia kisaran 16-30 tahun dan biasanya para penderita pria lebih awal menunjukkan gejala daripada wanita. Gangguan mental ini bisa sangat mengganggu kehidupan penderita dan orang di sekitarnya, bahkan mungkin akan banyak orang yang mengira bahwa mereka gila dan semacamnya.

Dikutip dari www.webmd.com, skizofrenia bisa sangat signifikan mempengaruhi secara pikiran dan perilaku. Orang dengan skizofrenia akan sering memiliki cara berpikir abnormal. Mereka juga mengalami kesulitan dalam mengorganisir pikiran mereka atau membuat pemikiran logis. Mereka akan merasakan pikiran mereka sepertinya mengarah pada suatu hal ke hal berbeda lainnya dengan sangat cepat.

Dalam hal perilaku, jelas sekali penderita skizofrenia bisa sangat mencolok berbeda dari lainnya. Gangguan skizofrenia ini juga lebih dikenal dengan gangguan berkepribadian ganda karena seringkali penderita menunjukkan ekspresi berbeda dan sikap yang berbeda seakan ada orang lain dalam satu tubuh penderita tersebut. Sangat memungkinkan bahwa mereka memiliki dua atau lebih kepribadian yang sangat bertolak belakang sehingga seringkali membuat banyak orang di sekitar mereka bingung.

Gangguan ini masih belum ada obatnya, dan mungkin bisa dikurangi pengaruhnya dengan cara terapi. Itulah mengapa, pengaruh lingkungan, terutama keluarga dan sekolah sangat penting diperhatikan, karena seringkali skizofrenia ini bisa disebabkan karena trauma mendalam.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA