Sukses

Beauty

Yuk, Jajal Hipnoterapi Untuk Langsingkan Tubuh

Sebaik-baiknya diet, jika tak mampu mengendalikan nafsu makan maka target Anda bisa gagal. Adalah mental dan pikiran yang berperan paling kuat mengendalikan keinginan negatif termasuk nafsu makan berlebihan. Dan hipnoterapi adalah salah satu cara melatih mental dan pikiran Anda.

Orang-orang yang gagal dalam diet umumnya memiliki beberapa persamaan. Berat badan mereka kembali gemuk setelah menjalani diet dalam kurun waktu tertentu. Bahkan berat badan mereka kembali lebih gemuk dari sebelum mengikuti diet. Hal tersebut biasanya terjadi karena mengutamakan waktu tercepat meraih penurunan berat badan.

Berikut ini adalah beberapa faktor utama yang menjadi alasan kegagalan program diet seseorang :

    1. Overeating atau makan berlebihan. Setelah berdiet selama beberapa waktu, beberapa orang melakukan balas dendam dengan makan berlebihan atau mengonsumsi jenis makanan apapun tanpa batas. Anehnya, banyak yang tidak sadar atau tidak tahu alasan kenapa mereka makan berlebihan (sudah dianggap biasa).
    2. Lemahnya niat atau komitmen. Seperti yang sudah disebutkan diatas, jika pikiran dan mental tidak kuat maka godaan untuk melanggar program diet atau cheating bisa menggagalkan target diet.
    3. Kelaparan. Beberapa orang mengikuti program diet dengan cara menahan makan dalam waktu lama. Akibatnya mereka kelaparan dan makan tak terkendali saat tiba waktunya makan. Belum lagi gula darah yang juga langsung melonjak drastis.
    4. Kebosanan. Kurangnya pengetahuan variasi makanan dalam program diet membuat seseorang bosan dan kembali ke pola makan lamanya sebelum berdiet.

Keempat alasan diatas masih diperparah dengan kondisi depresi akibat gagal diet sehingga memicu pola makan berlebihan tak beraturan yang membuat tubuh semakin obesitas.

Bagaimana Hipnoterapi Membantu Diet

Adalah alat bernama adjustable gastric band, semacam sabuk silikon yang diikat pada saluran perut (diatas lambung) dan dapat disesuaikan ukurannya yang berfungsi untuk memperlambat konsumsi makanan sehingga membatasi jumlah makanan yang akan dikonsumsi. Namun pemasangan alat ini harus melewati proses operasi bedah yang tak semua orang berani melakukannya.

Lalu para ahli hipnosis bernama Martin Shirran, Marion Shirran,dan Fiona Graham dari Spanyol menerapkan hipnoterapi bernama Gastric Mind Band dimana para pasien dihipnosis agar berpikir tubuhnya dipasang adjustable gastric band, meski kenyataannya tidak. Hasilnya, para pasien berhasil mengendalikan nafsu makan. Mereka makan dalam porsi sedang dan mengunyah perlahan-lahansehingga berat badannya dapat dijaga karena asupan kalori juga tidak berlebihan.

Kenapa hipnoterapi tersebut berhasil? Adalah kekuatan pikiran dan mental Anda yang berperan kuat mengendalikan perilaku diet Anda. Dan tanpa harus berkonsultasi atau meminta bantuan seorang ahli hipnosis, Anda sendiri juga bisa melakukan self-hypnosis. Caranya dengan menanamkan pemikiran tertentu ke dalam otak Anda secara berulang-ulang.

Setelah beberapa kali latihan, maka Anda akan merasa cukup kuat untuk menangkal keinginan misalnya nafsu makan berlebihan atau keinginan untuk mengonsumsi atau ngemil makanan yang tidak sehat.

Contoh Self-Hypnosis untuk Diet

Berikut adalah beberapa contoh situasi saat nafsu makan Anda mendadak muncul dan cara mengendalikannya dengan self-hypnosis:

Situasi 1: Roti dan kuenya harum sekali dan sepertinya enak. Saya ingin membeli yang banyak. Siapa tahu saya butuh memakannya kapan-kapan.

Pikirkan: Baunya memang harum sekali, tetapi saya baru saja makan roti dan kue satu jam yang lalu jadi saya tak butuh memakannya lagi sekarang.

Situasi 2: Ah, tidak ada yang melihat saya makan. Jadi tidak masalah saya makan semau saya.

Pikirkan: Apapun yang saya makan sejak pagi hingga sebelum tidur dihitung semua total per harinya. Jadi saya akan makan secukupnya sesuai jumlah asupan kalori harian saya.

Situasi 3: Saya harus menghabiskan semua makanan yang tersaji di piring karena saya tidak boleh menyia-nyiakan makanan.

Pikirkan: Perut saya bukan tempat sampah, saya tidak akan memasukkan ke perut semua makanan di piring ini sekaligus.

Situasi 4: Saya butuh makan coklat batangan ini karena hari ini sangat berat dan melelahkan.

Pikirkan: Makan dengan emosional bukan solusi sebuah masalah. Saya harus menyelesaikan masalah dan mengatur yang akan saya lakukan esok tanpa melibatkan makanan.

Situasi 5: Saya baru saja membuka sebungkus biskuit jadi saya akan menghabiskan sisanya, toh saya sudah membuka bungkusnya.

Pikirkan: Oke, baiklah, saya mungkin sudah terlanjur memakan sesuatu tanpa rencana, tetapi sekarang saya sudah berhenti makan dan kembali ke jalur diet saya yang benar.

Self-Hypnosis Metode Remote Control

Jika suatu kali tiba-tiba Anda ingin ngemil coklat, es krim, atau kue manis, cobalah pikirkan metode berikut ini:

  • Bayangkan Anda sedang memegang remote control perilaku Anda sendiri. Ketika ada coklat merasuki pikiran Anda, tekan tombol PAUSE pada remote control tersebut.
  • Bayangkan Anda sedang makan coklat tersebut.
  • Pencet FAST FORWARD ke depan sampai waktu 5 menit Anda sudah selesai makan coklat tersebut. Bagaimana perasaan Anda? Merasa bersalah? Menyesal?
  • Pencet REWIND ke posisi waktu sekarang dan bayangkan Anda melawan godaan atau nafsu makan coklat tersebut.
  • Jika godaan belum hilang, FAST FORWARD lagi 5 menit ke depan dan rasakan bagaimana semakin nyatanya penyesalan Anda setelah makan coklat.
  • Tekan PAUSE lagi untuk mengingatkan Anda apa konsekuensinya jika menuruti nafsu makan Anda. Anda lah yang punya kekuatan untuk mengendalikan nafsu makan. Hal itu adalah pilihan Anda!

Sadar dan Perhatikan Perbedaan Tiga Hal Berikut

Pastikan Anda sadar dan tahu benar apa yang sedang Anda alami, apakah sedang lapar, nafsu makan, atau kecanduan makanan.

Lapar: adalah saat Anda tak makan sesuatu selama tiga jam dan Anda mulai merasakan sensasi keroncongan di perut.

Nafsu makan: adalah saat Anda baru saja selesai makan besar tetapi Anda masih merasa kurang dan ingin makan lagi. Atau, Anda baru saja makan besar dua jam yang lalu tetapi otak hanya memikirkan makanan melulu.

Kecanduan makanan: adalah munculnya keinginan yang kuat atau tak tahan ingin makan makanan jenis tertentu yang biasanya akibat sehabis mencium aromanya atau melihat seseorang memakannya.

Selamat mencoba! (aan)

BACA JUGA : Sambut Tahun Baru dengan Menu Sehat Pengusir Lemak

[initial]

(vem/df/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading