1. VEMALE
  2. /
  3. SEGAR DAN RILEKS

7 Aroma Yang Membuat Rileks

Rabu, 10 Maret 2010 07:00 Penulis:
Segarnya mentimun membuat rileks (c) the daily green
Vemale.com -

Oleh: Agatha Yunita

Percayakah Anda bahwa stres dapat ditendang dan dilenyapkan dalam hitungan detik hanya dengan mencium aroma sesuatu? Mungkin Anda tak percaya karena Anda belum membaca artikel berikut ini, tetapi telusuri dan bacalah sampai pada penutupnya, dan Anda akan menemukan bahwa aroma dapat melenyapkan stres Anda dalam hitungan detik.

Stres pada umumnya berupa ketegangan pikiran dan otot tubuh. Kunci utama meredakan stres adalah ketenangan pikiran, yang saat ini tampaknya cukup sulit didapatkan. Namun beberapa aroma berikut ini akan membantu Anda mengembalikan ketenangan pikiran tersebut dan mengusir stres. Aroma apa sajakah itu?

1. Mentimun

Buahnya berwarna hijau, panjangnya kurang lebih sekitar 10-20 cm, digunakan sebagai campuran rujak, jus, hingga masker. Sebagai masker atau pelembab wajah, Mentimun memberikan asupan vitamin E yang cukup banyak untuk kulit. Dan aroma buah yang memiliki nama latin Cucumis sativus ini sangat khas, menghirup aroma mentimun membuat Anda menjadi segar dan kembali bersemangat.

2. Jeruk

Si buah orange yang kaya akan vitamin C ini juga memiliki aroma khas yang mampu membangkitkan semangat dan kesegaran. Kebanyakan parfum atau cologne, menggunakan bahan dasar aroma jeruk untuk memberikan kesegaran dan efek semangat bagi pemakainya.

3. Basil/Kemangi

Segar dan cukup tajam, rasanya pun lezat apalagi jika dimakan sebagai lalapan, hmmm... namun si daun kemangi ini ternyata juga memberikan kesegaran berkat aromanya yang memang khas ini. Keharuman aromanya juga mampu mengatasi bau tak sedap termasuk bau mulut, amis dan bau badan. Ketajaman aromanya akan membuat pikiran Anda lebih jernih dan lebih nyaman.[break]

4. Lavender

Selain dikenal sebagai bunga pengusir nyamuk, lavender ini juga sangat ampuh untuk mengusir stres. Tak percaya? letakkan saja sebuah pot kecil bunga lavender di dalam kamar Anda, biarkan aromanya menyebar di dalam ruangan Anda sehingga Anda selalu merasa segar setiap saat.

5. Cemara

Saat mencium harumnya daun cemara, Anda bagaikan ditarik ke atas pegunungan dan menikmati desiran angin yang lembut menerpa wajah, benarkah demikian? Ya mungkin agak berlebihan, tetapi adalah benar, aroma daun cemara ini membuat Anda lebih segar, menghilangkan aroma tak sedap dan menepis rasa mual, sehingga Anda dapat bernafas lebih lega dan nyaman.

6. Hujan

Terkadang memang hujan sangat menjengkelkan, apalagi jika kita sedang ada janji dengan sahabat atau kekasih yang akhirnya harus dibatalkan karena hujan. Namun aroma hujan saat pertama kali ia jatuh menyentuh tanah sungguh menenangkan. Saat hujan turun, cobalah untuk membuka jendela kamar Anda kemudian nikmati aroma hujan yang jatuh satu per satu ke tanah dan tumbuh-tumbuhan. Suasana yang awalnya panas perlahan menjadi dingin dan lebih segar, rasakan juga hal tersebut di dalam pikiran Anda :)

7. Daun Pandan

Pandan tak hanya membuat nasi menjadi harum, tetapi aroma khasnya membuat pikiran menjadi lebih jernih dan tenang. Aromanya lembut dan tidak menusuk, letakkan beberapa cincangan daun pandan di dalam sebuah mangkuk kecil di kamar mandi atau ruang tidur Anda. Hirup kesegaran aromanya yang membuat perasaan lebih tenang dan damai.

Apakah Anda punya aroma khusus yang membuat Anda relaks? (vem/bee)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
Essential Oil Yang Aman Untuk Anak Usia 3 Bulan - 8 Tahun