Sukses

Beauty

Holiday: How To Travel in Green Way

Coba bayangkan bila Anda sedang asyik sunbathing di pinggir pantai tapi pandangan Anda terganggu dengan sampah botol minuman plastik atau bungkus cemilan.

Menyebalkan! Yes honey, banyak hal kecil yang bisa Anda lakukan selama bepergian yang dapat menjaga kelestarian alam. Apa saja? Cosmo bertanya langsung pada ahlinya: WWF Indonesia.

  1. Jika memungkinkan, hindari bepergian dengan pesawat. Karena perjalanan udara memerlukan jumlah bahan bakar yang sangat besar dan menimbulkan efek rumah kaca.
  2. Buanglah sampah secara bertanggung jawab. Jika Anda berkunjung ke tempat yang alami seperti pantai atau gunung, kumpulkan kembali sampah Anda dan bawa sampai Anda menemukan tempat sampah untuk membuangnya. Minimalisasikan pembelian makanan atau minuman dalam kemasan sekali pakai. Bawa tumbler minuman sendiri, kenapa tidak?
  3. Jangan tergoda untuk menyentuh binatang baik di laut maupun di darat, atau memberi mereka makan. Selain mengganggu habitat binatang, Anda juga tidak tahu pasti kan bila makanan yang Anda berikan itu sesuai atau tidak.
  4. Berhati-hati saat membeli suvenir dari daerah tertentu. Banyak lho, spesies mulai dari koral, gajah, hingga alligator yang terancam punah karena diambil untuk dijadikan suvenir.
  5. Jangan makan menu yang terbuat dari spesies yang dilarang. Yang paling sering ditemui mulai dari sirip hiu hingga telur penyu. Mengapa tidak boleh? Untuk hiu, selain mengandung kadar merkuri yang tinggi, predator tingkat atas ini berfungsi menjaga keseimbangan lingkungan dengan cara mengontrol keseimbangan rantai makanan. Atau penyu, sebagai pembawa misi pemerataan nutrisi ke setiap tempat yang ia kunjungi. Apa dengan tidak membeli atau mengonsumsi spesies yang dilarang Anda bisa membantu populasinya? Tentu saja, darling. Ini artinya Anda sudah menyelamatkan yang lainnya dengan memotong rantai perdagangannya. [initial]

Source: Cosmopolitan Edisi Juni 2012, Halaman 222

(Cosmo/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading