Sukses

Beauty

5 Manfaat Kesehatan Posisi Tidur Menyamping

Tidur yang cukup dibutuhkan siapa saja, bukan hanya untuk menjaga kesehatan fisik secara umum, namun juga menjaga suasana hati yang baik setiap hari. Untuk mendapatkan tidur yang nyaman dan nyenyak, banyak orang memiliki posisi tidur masing-masing yang menjadi favorit, salah satunya adalah tidur menyamping. Ada manfaat menakjubkan tidur dengan posisi menyamping.

1. Gangguan pernapasan saat tidur

Dilansir dari Medical Daily, tidur menyamping dianjurkan untuk mereka yang mengalami gangguan tidur seperti sleep apnea dan mendengkur. Mereka yang mengalami gangguan ini bisa berhenti bernapas di tengah-tengah tidur karena katup pernapasan tertutup tanpa sengaja. Hal ini bisa membahayakan nyawa penderita.

2. Nyaman untuk wanita hamil

Posisi tidur menyamping seringkali dipilih ibu hamil karena memudahkan bernapas dan perut yang membesar tidak menekan tubuh saat tidur.

3. Fungsi jantung yang optimal

Tidur menyamping ke kiri diyakini mampu mengoptimalkan pembuluh darah memompa darah ke jantung dan sebaliknya sehingga aliran darah lancar dan tidur lebih nyaman. Tidur posisi ini membantu sirkulasi darah optimal ke paru-paru karena melawan gravitasi.

4. Membantu sistem pernapasan

Tidur menyamping membantu membuka saluran atau rongga orofaring sehingga bernapas lebih lega dan membantu mengurangi sakit punggung. Dilansir dari Themindsjournal.com, berdasarkan Ayurveda Klasik, tidur menyamping ke kiri juga mampu meningkatkan kesehatan dan meningkatkan kualitas tidur lebih baik.

5. Membantu drainase sistem limpa

Sistem limpa membantu mengeluarkan racun dalam tubuh dan ketika tidur menyamping, tubuh lebih baik menguras racun dan kotoran dalam toraks

Jadi, itu dia sekian manfaat baik tidur menyamping atau posisi miring. Tidur menyamping juga membantu meringankan nyeri leher dan punggung, jadi sering-seringlah tidur dengan posisi ini ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading