Sukses

Beauty

Ini Cara Pertolongan Pertama Mencegah Orang Bunuh Diri

Bunuh diri bukanlah berita menyenangkan, apalagi jika itu terjadi pada orang terdekat atau orang yang kita kenal. Tentunya akan lebih baik jika bisa mencegahnya sejak dini, salah satunya adalah dengan mengetahui apa yang bisa kita lakukan sebagai orang terdekat.

Di tanggal 10 September yang dijadikan hari memperingati Pencegahan Bunuh Diri Dunia ini, tentunya setiap orang ingin tahu apa yang isa dilakukan jika menemui orang yang ingin bunuh diri.

Dilansir dari Health.com, psikiater Kenneth Robbins, MD, hal pertama yang bisa dilakukan adalah bertanya langsung pada orang tersebut apakah ia sedang berpikir ingin mengakhiri hidupnya. Ini adalah langkah penting mengenali apakah seseorang berencana bunuh diri atau tidak.

"Sangat penting bertanya serius mengenai hal ini dan gali lebih dalam seberapa serius masalah ini," ujar Dr. Robbins.

Bunuh diri/copyright Trinity Kubassek

Dr. Robbins juga menyarankan untuk menanyakan apakah yang mereka rencanakan dan apa yang ada di pikirannya saat ini. Ini pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah bunuh diri.

Jika sudah mengetahui secara jelas dan detail apa yang akan mereka lakukan, perlahan dekati dan ajak bicara. Akan lebih baik lagi jika bisa mengajaknya ke profesional yang menangani kesehatan mental seperti psikolog dan psikiater.

Nah ladies, it yang bisa kamu lakukan jika ada kenalan yang sepertinya menunjukkan keputusasaan dan berencana bunuh diri. Selalu perhatikan kesehatan mental dan cegah bunuh diri sebisa mungkin, ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading