Sukses

Beauty

Tidur dengan Lampu Menyala Berisiko Sebabkan Depresi

Ladies, tidur merupakan saat dimana tubuh kita beristirahat dan meregenerasi sel-sel tubuh. Saat tidur kita diharapkan beristirahat dengan maksimal agar energi terisi dengan penuh untuk beraktivitas keesokan harinya. Salah satu cara agar tubuh bisa mendapatkan tidur berkualitas adalah dengan mengondisikan kamar.

Ladies, tahukah kamu bahwa tidur dengan lampu dimatikan sangat baik. Ini karena kamu bisa tidur dengan lebih tenang. Tidur dengan lampu menyala ternyata bisa menyebabkan berbagai gangguan termasuk depresi lho Ladies.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa paparan cahaya di malam hari bisa meningkatkan gejala depresi, kurangnya kualitas tidur, kelainan metabolik, tekanan darah tinggi, dan masalah kesehatan seperti depresi dan insomnia yang dikenal dapat meningkatkan risiko bunuh diri.

Semakin lama tubuh terkena paparan sinar di malam hari maka akan semakin besar kemungkinan gejala depresi. iIni bisa mengacaukan ritme sirkardian tidur atau ritme biologis yang mengatur jadwal tidurmu dan membuatmu bangun di alam bawah sadar. Ini karena tubuh menyalahartikan sinar sebagai siang hari. Ini karena tubuh terbiasa beraktivitas di siang hari. Alam bawah sadar mengisyaratkan tubuh untuk tidur saat malam hari dalam suasana gelap.

Tidur dengan lampu menyala akan membuat tubuh tidak bisa sepenuhnya beristirahat dan hal ini bisa memicu kelelahan saat bangun nanti. Jika kamu terus menerus lelah, kadar stres dalam tubuhmu pun akan naik. Ini akan menyebabkan depresi.

Lalu bagaimana dengan orang yang tak bisa tidur dalam keadaan gelap? Kamu disarankan untuk membiasakan diri secara perlahan dengan cara mengganti lampu tidur dengan lampu kecil yang redup dan tempatkan di samping tempat tidur.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading