Sukses

Beauty

Ini Alasan Ilmiah Balikan dengan Mantan Justru Tak Baik Buat Kesehatan

Untuk beberapa orang, memilih balikan dengan mantan adalah pilihan aman. Bukan hanya karena kamu sudah mengenalnya lama, balikan dengan mantan juga menjadi cara termudah memulai hubungan cinta tanpa perlu memulai segalanya dari awal, seperti proses mengenal seseorang dan menyesuaikan diri.

Tapi tahukah kamu bahwa ternyata balikan dengan mantan kekasih justru tak baik untuk kesehatan? Dilansir dari TIME, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Family Relations menemukan bahwa menjalin hubungan cinta lagi dengan mantan punya efek negatif terhadap kesehatan mental.

Penulis penelitian Kale Monk mengatakan, "Hubungan putus nyambung dengan pasangan yang sama punya hubungan erat dengan meningkatnya risiko depresi dan kecemasan."

Peneliti melakukan survei terhadap 545 orang yang menjalani hubungan percintaan dan melihat tingkat depresi dan kecemasan mereka, bersamaan dengan seberapa sering mereka putus-nyambung selama menjalin cinta.

Putus nyambung dengan mantan beri efek negatif pada kesehatan mental./copyright Shutterstock.com

Sepertiga di antara mereka mengalami siklus putus-nyambung tersebut dan peneliti menemukan adanya korelasi peningkatan stres. Bahkan setelah memperhitungkan faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi kesehatan mental, seperti informasi demografi, status perkawinan, keluarga, orientasi seksual dan stres terkait, semakin sering putus-nyambung dalam percintaan maka semakin besar peningkatan depresi dan kecemasan.

Peneliti menyarankan, jika memang ingin kembali menjalin cinta dengan mantan, akan lebih baik memikirkan lebih dulu, apakah hubungan kali ini bisa berhasil dan tidak membuat kalian putus lagi. Bicarakan secara dewasa apa masalah kalian dan mengapa bisa putus, dan akan lebih baik jika tak perlu lagi melalui siklus putus-nyambung.

Karena putus-nyambung dengan mantan itu bukan hanya menguras tenaga tapi juga melelahkan buat kesehatan mental kamu, ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading