Sukses

Beauty

4 Alasan Ilmiah Kamu Gampang Melupakan Nama Orang dalam Sekejap

Dari banyaknya orang yang berkenalan denganmu, berapa banyak orang kira-kira yang namanya langsung kamu ingat? Padahal belum juga kamu lama berkenalan, akhirnya terpaksa kamu menanyakan lagi nama orang tersebut dan menahan malu karena dianggap kurang perhatian.

Namun kamu tak perlu merasa bersalah. Karena ternyata banyak orang yang sering mengalami lupa nama orang sekejap setelah berkenalan. Dan kejadian ini bisa dijelaskan secara ilmiah loh.

Dilansir dari Time.com, Charan Ranganath, direktur Memory and Plasticity Program di University of California, mengungkapkan bahwa ada beberapa alasan di balik seringnya kamu lupa nama orang.

1. Kamu tidak tertarik dengan orang tersebut
"Umumnya orang akan mengingat sesuatu yang mereka suka atau memotivasi mereka untuk belajar," ungkap Charan Ranganath. Jika tidak tertarik atau merasa orang tersebut tidak begitu penting untuk diingat, otak akan memilah dan cenderung melupakannya.

2. Suka mengabaikan hal-hal kecil
Terkadang kamu berniat untuk mengingat nama orang tersebut, namun seringkali lupa. Jika seperti ini, kemungkinan di kehidupan sehari-hari, kamu sering mengabaikan instruksi-instruksi kecil otak untuk mengingat hal-hal kecil atau detail, sehingga otak terbiasa meremehkannya.

3. Nama orang tersebut terlalu umum
Ada kalanya nama orang tersebut sangat biasa, tidak unik sama sekali sehingga mudah dilupakan. Ketika orang berkenalan, dan nama orang tersebut tak pernah kamu dengar, secara otomatis kamu akan memikirkan nama tersebut. Bahkan jika nama itu jarang dan sulit diucapkan, namun otak sudah merekam bahwa orang tersebut punya nama unik.

4. Mementingkan image diri sendiri di depan umum

Orang juga akan lebih mudah teralihkan perhatiannya untuk mengingat nama orang jika ia mementingkan good impression di depan banyak orang. Charan menjelaskan, seringkali kamu akan melupakan nama orang namun mengingat wajahnya. Kemudian otak akan melakukan encoding atau mencocokkan wajah tersebut dengan nama yang ada di dalam ingatan. Dengan cara ini orang lupa-lupa ingat tentang nama seseorang.

Wah, ternyata seperti itu ya ladies. Jika ingin mengingat nama orang setelah berkenalan, ada baiknya kamu menyebutkan nama tersebut beberapa kali saat ngobrol agar tidak mudah lupa dan dianggap tidak memperhatikan, ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading