Sukses

Beauty

Bukan Capek Biasa, Ini 8 Tanda Sebenarnya Kamu Mengalami Burnout

Pernah dengar istilah burnout? Istilah ini mengacu pada kondisi kelelahan fisik, emosional, dan mental. Bisa terjadi pada siapa saja, terutama pada pekerja yang mengalami stres berkepanjangan.

Gejala burnout sepintas mirip capek biasa. Tapi kondisinya bisa lebih parah dari itu. Yuk, kenali delapan gejala umumnya seperti yang dilansir dari mindtools.com berikut ini.

1. Kamu merasa setiap hari di tempat kerja adalah hari buruk.
2. Gampang sekali merasa capek.
3. Nggak ada semangat atau rasa bahagia saat bekerja.
4. Merasa terbebani dengan tanggung jawab yang diberikan.
5. Melakukan pelampiasan pada kebiasaan buruk, seperti minum minuman beralkohol.
6. Gampang sekali kehilangan kesabaran.
7. Merasa nggak punya harapan di tempat kerja.
8. Mengalami gangguan kesehatan seperti nyeri dada dan sesak napas.

Jangan sampai kesehatanmu terganggu karena burnout./Copyright unsplash.com/josefa ndiaz

Saat kamu mengalami burnout ini sebenarnya sinyal bahwa tubuhmu membutuhkan perhatian. Sehingga cara terbaik untuk mengatasinya adalah menjaga pola hidup sehat. Bisa dimulai dengan kembali melakukan olahraga secara rutin. Selain bisa bantu jaga kesehatan tubuh, suasana hati pun bisa makin membaik dengan olahraga.

Imbangi juga dengan mengonsumsi makanan sehat dan mendapat tidur yang cukup. Atau kalau masih belum efektif juga, coba luangkan waktu untuk berlibur. Lakukan sesuatu atau kegiatan yang bisa membantumu lebih rileks dan santai.

Jika sumber permasalahan kondisi burnout itu disebabkan karena pekerjaan yang mulai terasa menjenuhkan atau membosankan, kamu bisa cari alternatif lain. Seperti membuat tantangan baru di pekerjaan atau bila memungkinkan resign dan cari pekerjaan yang lebih sesuai dengan passion-mu.

Kesehatan tubuh dan pikiran merupakan aset penting dalam hidupmu. Jadi selalu pastikan kamu "mendengarkan" sinyal-sinyal tubuhmu ya ladies biar semua aktivitasmu bisa berjalan lancar.




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading