Sukses

Beauty

9 Cara Tidur Nyenyak Malam Hari Walau Gerah dan Panas

Dibandingkan siang hari, malam hari seharusnya memiliki suhu lebih rendah, cukup dingin sehingga lebih nyaman untuk menciptakan rasa kantuk. Tapi bagaimana jika malam hari justru panas? Kamu butuh tips agar tidur nyenyak.

Jika susah tidur karena suhu panas, ini yang bisa kamu lakukan agar tidur nyenyak malam hari meski panas.

1. Mandi sebelum tidur
Mandi menggunakan air dingin tepat sebelum tidur akan menurunkan suhu tubuh dan menghindari perasaan lengket ketika udara terlalu panas.

2. Membuka tirai atau jendela kamar
Ketika bangun tidur, Anda harus segera membuka tirai atau jendela kamar. Sinar matahari alami akan membantu tubuh memproduksi vitamin D dan meningkatkan kadar serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati.

Namun, ingat untuk segera menutup tirai atau jendela ketika akan tidur. Suhu ruangan yang tetap rendah akan menjadikan tidur Anda lebih nyaman.

3. Gunakan bantal yang lebih baik
Bantal yang baik dapat mendorong aliran udara menjadi lebih baik dan tidak menyerap panas. Salah satunya adalah bantal soba yang memiliki kualitas lunak, memungkinkan mendukung ruang di bawah leher, menjaga tulang belakang tetap lurus, membantu otot leher, dan menopang punggung untuk benar-benar santai saat tidur.

Agar cepat tidur meski panas/copyright Shutterstock.com

4. Mengganti sarung bantal menjadi sutra
Sutra adalah bahan yang dapat mengatur suhu alami, teksturnya lebih lembut untuk rambut Anda. Selain itu, sutra juga bisa melindungi kulit halus di wajah dalam jangka panjang.

5. Tidur sendiri
Tidur bersama orang lain di satu ranjang akan meningkatkan jumlah panas tubuh. Jika Anda bisa tidur sendiri, rentangkan tangan dan kaki agar tidak saling bersentuhan satu sama lain.

6. Memasukkan sarung bantal dan guling ke dalam kulkas
Luangkan waktu sekitar 15 sampai 30 menit sebelum tidur untuk menyimpan sarung bantal dan guling ke dalam kulkas. Rasa dinginnya mungkin tidak akan bertahan sepanjang malam, namun cukup membuat Anda untuk tidur nyenyak.

7. Ganti selimut dengan bahan yang lebih ringan
Gantilah selimut Anda dengan selimut berbahan katun. Bahan yang sejuk dan ringan akan membuat tidur Anda di malam hari lebih nyaman dan nyenyak.

Ganti selimut dengan bahan yang tipis dan dingin agar cepat mengantuk./copyright Shutterstock.com

8. Perhatikan kasur yang digunakan
Serat kasur jelas juga mempengaruhi tidur Anda. Sebaiknya mulai sekarang perhatikan kasur yang akan Anda gunakan untuk tidur, seperti jumlah serat dan tingkat kerenggangannya.

9. Posisikan kipas angin di kaki tempat tidur
Jangan mengarahkan kipas angin langsung ke wajah, tapi tempatkan di dekat kaki untuk membantu sirkulasi udara dingin, tanpa menyebabkan otot leher tegang karena angin.

Itu dia ladies, sekian cara yang bisa kamu coba jika kamu merasa malam ini jadi susah tidur karena suhu udara yang panas dan gerah.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading