Sukses

Beauty

3 Efek Samping Jika Kadar Testosteron Pria Terlalu Tinggi

Pria dan wanita bisa dibedakan dari kadar hormon di dalam tubuhnya. Jika wanita punya kadar estrogen tinggi dan testosteron rendah, sebaliknya pria punya kadar testosteron tinggi dengan estrogen rendah. Untuk memiliki kondisi tubuh yang sehat, baik pria maupun wanita sebaiknya tidak punya hormon dominan yang berlebihan.

Menurut dr Kartika Mayasari dari KlikDokter, jika tubuh kekurangan hormon testosteron, tubuh pria akan mengalami sejumlah gangguan. Tapi bagaimana jika seorang pria kebanyakan hormon testosteron?

Dilansir dari Newsweek, berdasarkan jurnal Nature Communications, kadar testosteron yang terlalu tinggi ternyata bisa mempengaruhi pandangan mengenai status dan sesuatu yang mewah. Ini efek lain jika testosteron terlalu tinggi.

1. Boros
Penelitian terhadap 3.200 partisipan menunjukkan bahwa kadar testosteron tinggi menyebabkan pria punya emosi yang tidak stabil, mereka cenderung punya sikap ceroboh dan berpikiran dangkal, sehingga sering terjebak dalam masalah keuangan akibat terlalu boros. Mereka bahkan punya perilaku tidak etis.

2. Ceroboh
Pria dengan kadar testosteron tinggi juga punya kecenderungan tidak berpikir panjang. Penelitian dalam Psychological Science menemukan bahwa satu dosis testosteron memengaruhi kemampuan pria untuk menjawab dengan benar pada tes kognitif. Mereka seringkali mengambil keputusan dan tindakan yang berisiko dan tanpa berpikir panjang

3. Narsis
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar testosteron tinggi cenderung bersifat narsis saat dirinya memiliki kekuasaan tertentu. Bahkan mereka cenderung menyalahgunakan “kekuasaan” mereka. Penelitian lain dalam Australian Financial Review juga mengungkapkan bahwa pria seperti ini bukan pemimpin yang lebih baik.

Jadi, jika kamu melihat tiga hal ini dalam diri seseorang, kamu bisa mengetahui bahwa kemungkinan besar dia punya kadar testosteron tinggi dalam tubuh ya ladies.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading