1. VEMALE
  2. /
  3. SEGAR DAN RILEKS

3 Terapi Kesehatan Ini Bantu Atasi Kecanduan

Senin, 09 Juli 2018 12:30 Penulis: Febi Anindyakirana
Terapi hilangkan kecanduan/copyright Pexels.com/Prasanth Inturi

Vemale.com - Menyukai suatu hal memang wajar dilakukan, tapi akan bahaya jika sudah kecanduan, apalagi kecanduan hal-hal yang bisa merusak kesehatan dan mengganggu hubungan sosial seperti kecanduan narkoba dan kecanduan main game. Beberapa orang mengalami kecanduan hingga mengganggu aktivitas hariannya dan hal ini tak bisa dibiarkan.

Oleh karena itu, banyak ahli kesehatan menyarankan penderita kecanduan untuk melakukan terapi agar bisa menghilangkan atau sedikit demi sedikit mengurangi kecanduan tersebut sehingga bisa kembali ke kehidupan normal.

Seperti dilansir dari Liputan6.com, dokter spesialis kesehatan jiwa, Kristiana Siste dari Departemen Psikiatri Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan, ada tiga jenis terapi yang digunakan para praktisi psikiatri untuk menangani kasus adiksi atau kecanduan, yaitu...

1. Cognitive Behavior Therapy (CBT)
CBT digunakan untuk bisa mengganti pikiran-pikiran negatif dengan pola pikir yang positif. Karena orang yang kecanduan memiliki pola pikir ketergantungan, secara perlahan akan lebih baik jika menerapkan terapi ini untuk mengubah pola pikirnya.

2. Motivational Interview (MI)
Terapi ini akan memberi efek menenangkan sekaligus menanamkan kembali pikiran positif ke dalam pasien. Metode ini cocok bagi pasien remaja dan dewasa muda yang cukup labil namun masih bisa diarahkan. Mengingat pengambilan keputusan (otonomi) dalam terapi sepenuhnya ada di tangan pasien.

3. Terapi Perilaku
Untuk pasien yang kecanduan gadget dan internet, perlu membuat aturan misalnya menggunakan gadget hanya di area keluarga dan menerapkan lingkungan tanpa jaringan internet di kamar. Terapi ini akan membimbing pasien pada kebiasaan baik yang menjauhkannya dari perilaku candu.

Tentu saja, keinginan untuk bisa sembuh dari pasien juga sangat diperlukan jika terapi-terapi ini ingin berhasil secara efektif ya ladies.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
Tips Aman Pakai Tester Makeup