Sukses

Beauty

Jangan Cuma Main Gadget, Menulis Justru Punya 4 Manfaat Menakjubkan Ini!

Menulis mungkin menjadi kegiatan yang membosankan bagi banyak orang, apalagi ketika teknologi semakin canggih dan menyimpan data tidak harus dilakukan secara manual lagi dengan tulisan tangan. Bukan hanya memakan banyak waktu, tapi juga melelahkan.

Meski begitu, sebaiknya jangan anggap remeh menulis dengan tangan, ladies. Karena justru kegiatan 'manual' ini punya banyak manfaat kesehatan yang mungkin tidak kamu sadari. Seperti dilansir dari New York Post pada Rabu (27/6/2018), ini empat manfaat menulis bagi kesehatan jiwa dan raga.

1. Tidur lebih cepat
Jika kamu salah satu orang yang sering mengalami gangguan susah tidur, maka menulis bisa menjadi cara alami untuk membuatmu cepat mengantuk dan tidur. Penelitian yang dilakukan di Baylor University, Amerika serikat menemukan bahwa menuliskan daftar yang harus dilakukan untuk esok hari sebelum tidur, membantu proses tidur 10 menit lebih cepat.

Hal ini bisa terjadi karena menuliskan apa yang kamu pikirkan bisa membantu mengurangi rasa khawatir di dalam diri sehingga kamu lebih rileks dan cepat tertidur.

2. Melepas stres dan membantu diri menerima kegagalan
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, menuangkan pikiran ke dalam tulisan mampu mengurangi rasa cemas dan kekhawatiran di dalam diri, termasuk pikiran tentang kegagalan. Penelitian di Rutgers menemukan bahwa menuliskan pengalaman kegagalan bisa membantu diri menghadapi tantangan berikutnya dan membuat orang lebih optimis mencapai kesuksesan.

Manfaat sehat menulis/copyright Shutterstock.com

3. Membantu mendapatkan pekerjaan
Penelitian tahun 2007 yang diterbitkan dalam Academy of Management Journal menemukan bahwa menuliskan emosi tentang kehilangan pekerjaan akan mengurangi kesedihan dan membuat orang tersebut lebih mudah mendapatkan pekerjaan lagi.

Penelitian dilakukan terhadap 63 orang yang baru saja dipecat. Mereka diminta untuk menuliskan perasaan, dan 52 persen dari mereka yang menuliskan pemikiran dan perasaan mereka, lebih mungkin dipekerjakan kembali dibanding 19 persen yang tidak menulis sama sekali atau menuliskan topik yang berbeda.

4. Membantu sembuh lebih cepat
Penelitian yang diterbitkan dalam Psychosomatic Medicine menemukan bahwa menulis dengan ekspresif membantu tubuh lebih cepat sembuh dari prosedur medis. Penelitian menemukan bahwa 76 persen pasien yang melakukan biopsi dan menulis ekspresif selama 20 menit per hari dalam tiga hari selama dua minggu, telah sembuh sepenuhnya di hari ke sebelas dibanding mereka yang tidak pernah menulis.

Menulis dapat menuangkan perasaan yang tersimpan di dalam diri dan mengurangi rasa khawatir. Dengan melepaskan perasaan yang terpendam, orang akan lebih tenang dan tingkat stres berkurang. Jadi, jangan abaikan manfaat menulis ya, bisa jadi inilah caramu melepas stres dan mendapatkan kedamaian pikiran.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading