Sukses

Beauty

Solusi Jitu Atasi Pegal dan Usir Lelah Usai Perjalanan Mudik

Senangnya sudah sampai di kampung halaman! Lelah menempuh perjalanan selama berjam-jam di kendaraan rasanya terlupakan. Tapi ingat, duduk dalam posisi yang sama dalam waktu lama membuat tubuh rentan mengalami pegal dan kelelahan. Jangan sampai hal ini menganggu persiapanmu menyambut Lebaran bersama keluarga, segera atasi dengan beberapa tips jitu berikut ini.

Segera Lakukan Peregangan

Walau dibayangi capek dan lelah, jumlah pemudik yang rela melakukan perjalanan jauh menggunakan jalur darat, laut maupun udara tidak berkurang. Supaya dapat cepat memulihkan kondisi tubuh agar tetap fit untuk merayakan Lebaran di kampung halaman, segera lakuka peregangan. Menurut Dr. Michael Triangto, Direktur Slim & Health Sport Therapy, peregangan yang dilakukan setibanya di rumah dapat mengurangi otot yang tegang dan kaku.

Cukup lakukan peregangan sederhana di rumah, dimulai dari bagian leher, punggung, pinggang, hingga bagian kaki. Selain itu, coba regangkan tubuh dengan posisi telentang atau berbaring, dorong tangan ke atas kepala lalu panjangkan kaki sambil menggerakkan tubuh ke kanan dan kiri.

Cukup Istirahat

Dalam perjalanan mudik, waktu istirahat yang dimiliki seringkali tidak cukup, sehingga tubuh cepat merasa lelah. Setelah sampai ke tempat tujuan, kembalikan kebugaran tubuh dengan tidur 6-8 jam di malam hari. Jika merasa kesulitan untuk memejamkan mata dan merasa rileks, konsumsi susu hangat rendah lemak yang membantumu terlelap lebih cepat.

Hidrasi Tubuh

Saat melakukan perjalanan mudik, tubuh rentan mengalami dehidrasi karena berbagai penyebab. Mulai dari mengurangi asupan minum karena malas bolak-balik ke kamar mandi, paparan AC, hingga cuaca yang sedang panas-panasnya.

Kondisi kurang minum ini bisa menjadi salah satu penyebab tubuh merasa lelah. Minum air putih minimal 2 liter per hari untuk menjaga kecukupan air dalam tubuh. Selain itu, mandi dengan air hangat yang ditutup dengan air dingin bisa membuatmu merasa segar lebih cepat.

Pijat

Tempat pijat sering jadi hal pertama yang dicari oleh pemudik yang kelelahan, terutama untuk relaksasi dan menghilangkan stres. Jika dilakukan oleh orang yang benar-benar tahu cara memijat, pijatan dapat meringankan rasa nyeri, melancarkan peredaran darah untuk mengangkat rasa lelah, serta meningkatkan sistem kerja saraf.

Yuk Olahraga Ringan

Selain melakukan peregangan, olahraga juga bisa membantu mengembalikan kondisi fisik. Tapi jangan memaksakan latihan fisik yang terlalu berat yang justru bikin stamina jadi ngedrop. Mulailah dari kegiatan fisik yang mudah dan sederhana, seperti berjalan santai, mengelilingi pusat perbelanjaan, hingga melakukan pekerjaan rumah tangga.

Perjalanan mudik yang melelahkan tentunya akan terbayar oleh hangatnya kebersamaan bersama keluarga atau kerabat saat merayakan Lebaran di kampung halaman.

(vem/aik)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading