Sukses

Beauty

Sering Ngantuk Saat Ngantor? Ada Satu Solusi Super Simpel Mengatasinya

Apakah kamu sering mengantuk di kantor? Atau gampang capek di tempat kerja? Kalau sudah begini, kerja jadi nggak semangat lagi dan pastinya pekerjaan nggak ada yang beres.

Sebenarnya ada banyak solusi untuk mengatasinya. Dikutip dari her.ie, menurut sebuah penelitian dari Journal of Occupational Health Psychology, ada sebuah cara simpelĀ  yang bisa dilakukan untuk membuat nggak gampang capek di tempat kerja serta bisa membuatmu lebih semangat saat pulang ke rumah. Cara apakah itu? Caranya adalah dengan jalan kaki santai 15 menit saat jam makan siang.

Para peneliti melakukan survei terhadap 100 orang yang bekerja di berbagai bidang tentang kebiasaan di waktu makan siangnya. Orang-orang tersebut melakukan perubahan pada kebiasaan jam makan siangnya selama 10 hari berturut-turut untuk mencari tahu hasilnya.

Separuh dari mereka diminta untuk jalan kaki santai di taman terdekat dan fokus menikmati pemandangan sekitar. Sementara separuh sisanya diminta untuk melakukan berbagai latihan relaksasi, seperti latihan pernapasan dan teknik meditasi. Masing-masing grup melakukan kegiatan mereka selama 15 menit setelah makan siang.

Kedua grup tersebut sama-sama mendapat peningkatan dalam produktivitas mereka dan mereka mengatakan jadi lebih mudah berkonsentrasi setelah istirahat tersebut. Tapi orang-orang lebih suka menghabiskan waktu istirahat dengan jalan kaki di taman karena bisa langsung meningkatkan konsentrasi dan melenyapkan rasa letih.

Menurut Marjaana Sianoja, peneliti psikologi dari University of Tampere, dikutip dari TIME, aktivitas-aktivitas tersebut bisa menjaga produktivitas bekerja sepanjang hari. Dengan kata lain, produktivitas dan efisiensi kerja bisa lebih baik di sisa hari tersebut.

Jadi nih ya, buat kamu yang sering merasa ngantuk atau cepat capek di tempat kerja, coba luangkan waktu jalan kaki 15 menit setelah makan siang. Manfaatkan waktu tersebut untuk benar-benar mengistirahatkan pikiran, dengan begitu kamu bisa kembali ke kantor dengan pikiran yang lebih fresh dan bersemangat.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading