Sukses

Beauty

5 Hal yang Sebaiknya Dilakukan di Malam Hari Biar Nggak Gampang Stres

Dengan kesibukan yang padat dan kegiatan yang tak ada habisnya, kita jadi gampang stres. Banyaknya hal yang harus dikerjakan memang membuat kita bisa tertekan. Menjalani sebuah hari bahkan terasa makin berat dari waktu ke waktu.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan biar nggak gampang stres adalah memiliki manajemen waktu. Bisa dimulai dengan membangun kebiasaan-kebiasaan yang lebih baik di malam hari. Seperti lima hal berikut ini yang bila dilakukan dengan baik di malam hari, risiko terkena stres pun bisa dikurangi.

1. Menulis jurnal dan bersyukur atas hari yang sudah dilewati

Copyright brightside.me

Malam hari adalah waktu yang tepat untuk menulis jurnal. Bisa juga dengan mensyukuri hal-hal yang sudah dialami dan terjadi selama seharian. Dengan begini, perasaan jadi lebih positif dan kamu lebih siap untuk menyambut hari baru keesokan harinya.

2. Membaca sesuatu yang menyenangkan

Copyright brightside.me

Dilansir dari telegraph.co.uk, para peneliti dari University of Sussex menyebutkan bahwa membaca adalah kegiatan yang bisa membantu merilekskan pikiran. Bahkan efek positif membaca buku bisa lebih baik daripada minum teh dan mendengarkan musik. Bisa dimulai dengan meluangkan waktu 6 menit saja untuk membaca, maka kamu bisa mendapatkan efek tubuh dan pikiran jadi lebih rileks. Baca sesuatu yang kamu suka dari buku fisik ya (bukan dari gadget) untuk mendapatkan manfaat positifnya.

3. Melakukan yoga atau meditasi

Copyright brightside.me

Meditasi atau yoga paling baik dilakukan pada malam hari daripada pagi hari. Luangkan waktu minimal 10 menit untuk melakukannya, nantinya pikiran dan tubuh akan terasa lebih rileks. Otot-otot tubuh yang kaku pun akan terasa lebih santai. Apalagi kalau sedang banyak pikiran, menenangkan diri dengan meditasi atau yoga bisa bantu atasi kecemasan dan kegelisahanmu.

4. Menyiapkan keperluan untuk keesokan hari

Copyright brightside.me

Kebiasaan ini bisa membantumu terhindar dari stres. Buat kamu yang super sibuk, sebisa mungkin persiapkan segala keperluanmu pada malam hari. Sehingga saat bangun di pagi hari, kamu nggak kebingungan lagi untuk menyiapkan semuanya. Soal baju dan barang-barang yang bakal kamu butuhkan untuk aktivitas keesokan harinya, sebaiknya dipersiapkan malam hari.

5. Membuat daftar kegiatan dan jadwal untuk keesokan hari

Copyright brightside.me

Malam hari sebelum tidur, penting juga untuk membuat daftar kegiatan atau agenda yang akan dilakukan untuk keesokan harinya. Dengan begini, kamu bisa tidur lebih nyenyak dan siap menyambut hari baru. Kalau kebiasaan ini bisa diterapkan rutin setiap hari, yakin deh hari-hari yang kamu jalani akan terasa lebih menyenangkan.

Kamu bisa memilih dan memilah kebiasaan yang pas dilakukan di malam hari untuk mengatasi dan mengurangi stresmu setiap hari. Coba mulai dulu dari hal-hal yang mudah dulu, ya ladies. Semoga hari-hari yang kamu jalani selanjutnya bisa lebih berwarna.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading