Sukses

Beauty

Batimung, Spa Kecantikan khas Banjar untuk Calon Pengantin Wanita

Indonesia memiliki ragam budaya yang begitu banyak. Bukan hanya pulau-pulaunya yang indah, negara kita tercinta ini pun kaya akan tradisi perawatan kecantikan yang diwariskan turun menurun.

Di setiap daerah pun urusan perawatan kecantikan bisa berbeda-beda. Salah satunya Batimung Spa khas Kalimantan Selatan. Cita rasa nusantara ini pun dikembangkan oleh para terapis di Gaya Spa & Wellness ke dalam rangkaian treatment terbarunya dengan tajuk etno spa.

“Perawatan etno Spa ini dipilih agar masyarakat tidak melupakan tradisi nenek moyang yang sudah mulai dilupakan. Kini masyarakat hanya tahu Thai Spa, Jawa dan Bali Spa. Padahal di masing-masing daerah punya ciri khas spa dengan manfaat yang menakjubkan,” ujar Tinuk Nursetiawati, di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Spa untuk calon pengantin wanita./Copyright Vemale/Anisha

"Kami saling bahu-membahu untuk menjadikan spa sebagai profesi yang diakui secara nyata dan tidak keluar dari jalur kesehatan. Spa bukan hanya milik Jawa dan Bali, namun seluruh daerah di Indonesia memiliki ragam spa masing-masing," jelas Agnes Lourda Hutagalung, Owner Gaya SPA Wellness, saat ditemui dalam acara perkenalan ‘Spa Batimung’, di Jakarta Selatan, Selasa (20/3).

Filosofi Batimung sendiri terinspirasi dari kisah Putri Junjung Buih, yang muncul dengan pesona kecantikannya dari pusaran air yang berbuih dan disambut dengan kain kuning. Kecantikan Putri Junjung Buih mempesona pria bernama Lambung Mangkurat yang pada saat itu sedang bertapa.

Agnes menjelaskan Batimung merupakan ritual wajib bagi calon pengantin perempuan Banjar. Biasanya diaplikasikan 3-7 hari jelang pernikahan. Hasilnya saat pernikahan calon pengantin lebih mempesona dengan kulit cerah dan halus. Mengangkat kulit kaki dan merangsang pertumbuhan kulit baru.

“Rangkaian perawatan spa yang sudah berstandar Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) ini menggunakan bahan-bahan alami dari kekayaan alam Indonesia,” tambahnya.

Spa khas Kalimantan Selatan ini menggunakan paduan berbagai rempah seperti kapulaga Jawa, temugiring, kayu manis, bunga sisir, jeruk purut, temulawak, dan rempah-rempah tradisional lainnya. Dan diklaim dapat memelihara kesehatan dan menghilangkan bau keringat. Dalam perawatannya, spa Batimung akan mengalirkan uap panas ke tubuh yang bermanfaat membantu memperlancar aliran darah.

Penasaran? Buat kamu yang berencana akan menikah dalam waktu dekat, cobain deh perawatan yang satu ini.

(vem/asp/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading