Sukses

Beauty

Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Wanita, Bisa Bikin Kurus?

Mandi air dingin sering menjadi tantangan tersendiri, terutama saat pagi hari di mana suhu udara cenderung lebih dingin. Nggak heran kalau air hangat sering menjadi pilihan karena mandi bisa terasa lebih nyaman. Padahal, mandi air dingin memberikan banyak manfaat. Salah satunya bisa bikin badan jadi lebih kurus. Nggak percaya?

Menurunkan Berat Badan

Mandi dengan air dingin dipercaya memperbesar peluang menurunkan berat badan. Sebagai reaksi normal, untuk menghangatkan tubuh diperlukan metabolisme. Hal ini akan mengaktifkan lemak coklat, lemak baik yang membantu menghasilkan panas dengan membakar kalori dalam tubuh. Faktanya, menurut situs positivehealthwellness, Ladies bisa menghilangkan 4 kilogram lemak dalam setahun, hanya dengan rutin mandi air dingin.

Mencerahkan Mood

Jika biasanya Ladies mengaitkan rileksasi dengan mandi air hangat, maka menggunakan air dingin untuk membersihkan tubuh juga dapat meningkatkan mood. Menurut Sheenie Ambardar, MD, pada situs womenshealthmag, terapi dengan air dingin dapat meningkatkan kadar beta-endorfin dan noradrenalin di otak yang memberi efek anti-depresi. Hal ini juga diperkuat penelitian yang dipublikasikan di Medical Hypotheses yang menyatakan mandi air dingin 2-3 menit selama 2 minggu dapat meningkatkan mood dengan efektif.

Mempercepat Pemulihan Otot Setelah Olahraga

Mandi dingin dapat membantu tubuh pulih dari latihan fisik yang cukup keras dengan mengurangi nyeri dan pembengkakan. Otot mendapatkan lebih banyak oksigen dan lebih banyak darah sehingga penumpukan asam laktat di tubuh dapat disingkirkan lebih cepat dan membantu otot untuk rileks. Pusatkan air dingin langsung pada area yang kurang nyaman selama 5 menit untuk mempercepat proses pemulihan otot.

Mempercantik Kulit

Mandi air dingin bukan hanya membersihkan kulit dari sisa minyak, debu, kotoran, maupun sel-sel kulit mati, tapi juga membantu mempercantik kulit. Neal Schultz, MD, dermatolog New York City ini menyebutkan manfaat air dingin yang dapat mengencangkan kulit, mengurangi ukuran pori-pori, mengurangi kemerahan, dan membantu mengurangi bengkak di bawah mata. Bukan hanya itu, kulit jadi tidak terlalu berminyak, sehingga membantu makeup terlihat lebih halus dan cerah.

Sirkulasi Darah Meningkat

Begitu air dingin menyentuh kulit, pernapasan tidak hanya menjadi lebih cepat, tapi juga detak jantungnya. Kondisi ini membuat darah dan oksigen menyebar ke seluruh tubuh dengan lebih efektif. Selain membangunkan tubuh dan meningkatkan kewaspadaan, tapi juga memperkuat imunitas tubuh.

Ladies yang belum terbiasa dengan mandi air dingin dapat mengawalinya dengan air hangat terlebih dahulu, baru kemudian beralih ke air dingin. Beri tubuh kesempatan untuk terbiasa dan tarik napas dalam-dalam untuk memberikan manfaat bagi tubuh.

Supaya mandi air dingin ini bisa dilakukan dengan maksimal, perhatikan aliran air dingin di rumah sudah lancar dan bersih. Artinya, kamu harus mulai memastikan saluran pipa air yang dipasang di rumah sudah tepat. Pilih pipa air berkualitas untuk mendukung instalasi pipa air yang kuat dan tahan lama, seperti pipa PVC dari RUCIKA.

Lewat produk RUCIKA STANDARD, kamu bisa mendapatkan instalasi air yang awet dan tahan lama. Pipa yang satu ini sangat cocok untuk jaringan sistem perpipaan air bersih bertekanan dan buangan. Ada banyak kelebihan yang bisa diperoleh dibandingkan pipa lainnya, karena RUCIKA terbuat dari material uPVC yang lebih tahan terhadap korosi, kuat, ringan, dan mudah dalam penyambungan serta pemeliharaan. Proses produksinya juga mengacu pada standar JIS dan ISO yang memiliki sertifikasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2000.

Dengan instalasi air yang berkualitas, ritual mandi air dingin kamu pun akan lebih maksimal, Ladies! Info lebih lengkap klik di sini.

(adv/eth/wri)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading