Sukses

Beauty

World Sleep Day, Momen untuk Merayakan Kebahagiaan dan Manfaat Tidur

Jika ada pertanyaan apa yang membuat kamu bahagia? Mungkin akan muncul banyak jawaban. Well, bahagia itu relatif tapi tahukah kamu jika kebahagiaan seseorang itu dipengaruhi oleh waktu tidur yang dimiliki. Semakin baik kualitas tidurnya maka semakin bahagia seseorang.

Tidak mengherankan jika tidur menjadi perayaan dan momen penting bagi seseorang. World Sleep Day, yang dirayakan setiap tanggal 16 Maret adalah perayaan tidur dan ajakan bertindak atas isu-isu penting terkait tidur, termasuk kedokteran, pendidikan, aspek sosial. Perayaan ini diprakasai oleh World Sleep Day Committee of World Sleep Society, bertujuan untuk mengurangi beban masalah tidur di masyarakat melalui pencegahan dan penanganan gangguan tidur yang lebih baik.

Ada sebuah survei menarik terkait kebahagiaan dan jumlah jam tidur. Dikutip dari usatoday.com, sebuah survei yang dilakukan oleh perusahaan Amerisleep yang melibatkan 2.000 orang menyimpulkan bahwa orang yang "benar-benar bahagia" itu mendapat tidur 7,1 jam per malam. Menurut studi tersebut, orang yang "paling bahagia" itu yang tidur tujuh jam per malam dan yang "cukup bahagia" itu tidur 6,9 jam per malam.

Dari studi yang sama juga, wanita yang mendapat jam tidur lebih sedikit merasa kurang bahagia. Dinyatakan pula bahwa tidur kurang dari 6,8 jam sama artinya dengan hilangnya keharmonisan dalam hubungan, rasa cemas yang tak berkesudahan, dan tak pernah bersyukur sedikit pun.

Survei tersebut juga menyebutkan kalau anak muda yang berusia 25 tahun ke bawah mendapat jam tidur yang lebih banyak, terlepas dari tingkat kebahagiaan yang dirasakan. Dan orang-orang yang masih lajang memiliki jam tidur yang lebih banyak. Sedangkan orang-orang yang sudah bercerai memiliki jam tidur yang lebih sedikit.

Bahkan National Sleep Foundation merekomendasikan orang dewasa usia 18-64 tahun untuk mendapat tidur 7-8 jam per malam. Sedangkan anak-anak dan remaja butuh tidur lebih banyak dari itu.

Nah, ladies tidur yang cukup dan berkualitas saja tidak cukup pastikan kamu juga menjaga pola makan sehat, olahraga teratur, dan kemampuan mengelola stres yang baik pastinya hidup akan terasa jadi lebih seimbang. Jadi, apakah kamu sudah tidur cukup hari ini?

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading