Sukses

Beauty

Terbukti, Tinggal di Lingkungan Ramai & Berisik Picu Tekanan Darah Tinggi!

Banyak orang berpikir bahwa tekanan darah tinggi hanya disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, berkolesterol dan kurangnya aktivitas fisik sehingga menimbulkan masalah pada tekanan darah. Tapi ternyata ada banyak faktor pendukung lain yang sebenarnya bisa memicu tekanan darah tinggi, salah satunya adalah lingkungan tempat tinggal yang padat dan ramai.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Occupational & Environmental Medicine, berada di lingkungan kerja atau tempat tinggal yang ramai, berisik dan padat bisa meningkatkan risiko penyakit tekanan darah tinggi.

Ini karena tinggal di tempat yang berisik dan ramai bisa meningkatkan kadar stres setiap orang sehingga membuat orang mudah darah tinggi dan emosi. Sedangkan setiap orang membutuhkan waktu tenang atau silent time untuk mengembalikan semangat dan menyeimbangkan kesehatan mental.

Tinggal di lingkungan berisik picu hipertensi/copyright Pexels.com

Siapa juga yang senang tinggal dengan tetangga-tetangga yang selalu ribut setiap hari? Setelah lelah bekerja seharian di kantor, tentu kamu ingin mendapat ketenangan dan istirahat yang cukup di rumah.

Tekanan darah tinggi sendiri bisa memicu penyakit serius lain seperti aterosklerosis (penyumbatan arteri), penyakit kardiovaskular, bahkan serangan jantung dan stroke yang berakibat fatal. Jadi, alangkah baiknya jika bisa menghindari tinggal di lingkungan yang ramai.

Kalaupun tidak memungkinkan, cobalah mengambil liburan ke tempat-tempat yang tenang dan sejuk dengan udara yang segar seperti pegunungan sehingga bisa menenangkan pikiran, melepas stres dan mengembalikan semangat. Atau ikuti kelas yoga dan meditasi sehingga bisa menyeimbangkan ketenangan pikiran. Cara ini bisa menyeimbangkan kesehatan mental setelah lelah dengan rutinitas dan lingkungan yang ramai.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading