Sukses

Beauty

Simple! 8 Hal Ini akan Membantu Melatih Memori Jangka Pendek Kamu

Setiap orang memiliki 2 memori, yang pertama memori jangka panjang dan yang kedua memori jangka pendek. Masing-masing memori memiliki manfaat yang berbeda. Memori jangka panjang bermanfaat untuk konsentrasi kegiatan tertentu seperti ujian atau kegiatan sehari-hari. Sedangkan memori jangka pendek berfungsi untuk mengingat atau memroses informasi secara langsung seperti mengingat nama orang.

Well, ladies berikut ini adalah cara untuk melatih memori jangka pendek kamu. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Fokus satu hal pada waktu yang sama

Ketika kamu bisa mengejar banyak hal dan melakukan semuanya lalu menjadi populer, itu salah. Kamu tidak bisa memberi perhatian pada dua hal atau lebih secara bersamaan. Otak kita bekerja lebih baik saat memusatkan perhatian hanya pada hal yang kita lakukan pertama kali.

2. Stimulasikan dengan permainan

Otak dapat merespon rangsangan dan latihan dengan cara yang sama seperti otot. Ketika mempelajari sesuatu, pikiran kamu menghasilkan jalur neuron tambahan sehingga menciptakan lebih banyak koneksi. Menggunakan materi seperti permainan asah otak dapat menghubungkan jalur-jalur yang ada di pikiran kamu.

3. Gunakan semua indera

Kamu tidak hanya membentuk kenangan hanya dari mata. Jika kamu memiliki masalah mengingat nama orang, ulangi beberapa kali dengan keras sehingga telinga dapat membantu mengingatnya. Jika ingin mengingat resep masakan, kamu dapat merasakannya dengan lidahmu.

4. Mnemonik

Teknik ini terkait dengan mengaitkan kata, gambar, atau kalimat untuk memperbaiki ingatan jangka pendek. Kata-kata berima pun juga bisa membantu. Kamu juga bisa membuat pengaturan sendiri dengan menggunakan infromasi pribadi yang mudah diingat, seperti inisial pertama nama anggota keluarga atau orang yang penting bagimu. Gunakan kombinasi sederhana yang bisa kamu ulangi.

5. Memisahkan dan mengatur

Ketika mengingat nomor 10 digit, tentu sulit. Namun apabila bisa dipisah-pisah menjadi dua atau empat digit pasti akan lebih mudah. Teknik ini bisa digunakan untuk melatih memori jangka pendek.

6. Makan yang baik

Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti salmon, kenari, alpukat, serta protein nabati mencegah penuaan dini dan penyakit mental atau kognitif seperti Alzheimer.

7. Tidur dengan baik

Otak kamu perlu istirahat agar bisa mengisi ulang sesuai kebutuhan otot lainnya. Kamu harus ikuti rutinitas tidur yang sehat. Jangan juga menonton TV di tempat tidur dan hindari makan larut malam, karena bisa membuat kamu mengantuk.

8. Olahraga

Olahraga membantu tubuh memompa oksigen dan udara segar bisa menenangkan pikiran. Ketika itu terjadi, kamu lebih mampu mengingat semua informasi yang diterima dalam satu hari. Kamu bisa melakukan kardio seperti bersepeda, treadmill, dan berlari untuk memperkuat fungsi otak.
Mudah bukan? Semoga bermanfaat ya, ladies.

Sumber: Liputan6.com

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading