Sukses

Beauty

Olahraga 10 Menit Saja, Bantu Otak Lebih Cerdas dan Ingatan Tajam

Sebenarnya tidak butuh olahraga berjam-jam untuk mendapatkan tubuh sehat. bahkan untuk meningkatkan fungsi otak, olahraga atau aktivitas fisik yang kamu butuhkan sebenarnya cukup 10 menit saja. Tak percaya kan?

Penelitian yang diterbitkan dalam Neuropsychologia menemukan bahwa aktivitas fisik 10 menit saja sudah mampu meningkatkan kekuatan otak untuk jangka pendek. Penelitian lain mengungkapkan bahwa olahraga 20 menit bahkan bisa membuat otak tetap awet muda meski usia bertambah tua.

Tes dilakukan pada 14 orang dewasa sehat dengan perlakuan melakukan olahraga bersepeda dan duduk membaca majalah. Setelah itu mereka melakukan tes fungsi otak, hasilnya para partisipan yang bersepeda memiliki fungsi otak yang lebih baik ketimbang mereka yang hanya duduk membaca.

Olahraga 10 menit bisa jaga otak awet muda/copyright Pexels.com

Mereka yang olahraga mengalami kenaikan 14% dalam hal fungsi kognitif, padahal hanya olahraga dalam 10 menit saja. Dengan kata lain, untuk mendapatkan manfaat sehat, terutama untuk otak, tidak harus olahraga lama.

Penelitian Matthew Heath, juga mengungkapkan bahwa hasil penemuan ini tak hanya bermanfaat untuk orang dewasa kebanyakan, tapi juga bermanfaat sangat besar untuk para lansia yang sudah tidak bisa melakukan aktivitas fisik berat dan terlalu banyak karena keterbatasan kemampuan fisik.

Jadi, jika ingin otak tetap aktif, tajam, dan tetap cerdas sepanjang waktu, yang kamu butuhkan hanya menggerakkan tubuhmu cukup 10 menit saja.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading