Sukses

Beauty

Jadi Cengeng? Ini 4 Alasan Aneh Mengapa Kamu Sering Menangis

Salah satu hal pasti yang membuatmu menangis adalah saat mengalami hal sedih atau mengharukan. Umumnya, menangis memang disebabkan oleh perasaan yang campur aduk. Tapi tahukah kamu, bahwa bukan hanya itu saja alasan mengapa kamu bisa menangis.

Karena ternyata ada sebab-sebab lain yang aneh yang bisa membuatmu menangis lho.

1. Kamu lelah
Tubuh yang terlalu lelah akan membuatmu lebih sensitif, bahkan melihat iklan di tv saja bisa membuatmu menangis. Ini tanda kamu kurang tidur. Penelitian yang dilakukan di University of Pennsylvania menunjukkan bahwa tidur hanya 4,5 jam per malamnya bisa memicu perubahan mood negatif, memicu perasaan yang mudah tersinggung dan sedih yang tak bisa dijelaskan.

2. Kamu sedang stres berat atau depresi
Saat sedang stres dan depresi, kamu jadi mudah menangis karena banyak beban pikiran dan tidak stabil secara mental dan emosional. Secara psikologis, menangis ini adalah efek dari rasa stres atau tertekan terhadap keadaan. Psikolog Lauren Bylsma menjelaskan dalam The Huffington Post bahwa ada kalanya ini meringankan stres ada juga yang tidak.

3. Kamu wanita
Wanita memilih perasaan yang lebih sensitif dibanding laki-laki, dan memang benar. Karena inilah kamu jadi mudah menangis dibanding lawan jenismu. Menurut penelitian dalam The Wall Street Journal, secara biologis wanita memang lebih mudah menangis. Hal ini akan semakin parah jika kamu memasuki masa PMS, saat hormon merusak kestabilan perasaan.

4. Kelilipan
Jika tak sengaja kelilipan debu atau hewan ke dalam mata, biasanya mata akan terasa pedih, dan secara spontan mata akan bereaksi alami mengeluarkan air mata sebagai bentuk perlindungan terhadap mata. Bukan hanya kelilipan saja, terkena uap dari memotong bawang merah juga bisa membuatmu menangis karena mata terasa pedih.

Ternyata, tak hanya saat sedih saja kan kamu bisa menangis? Ada sebab-sebab lain yang ternyata bisa membuatmu gampang menangis.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading