KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. SEGAR DAN RILEKS

5 Penyebab Utama Wanita Usia 20an Lebih Gampang Stres

Selasa, 05 Desember 2017 14:30 Penulis: Endah Wijayanti
Kenapa gampang stres?/Copyright pixabay,com

Vemale.com - Ketika sudah memasuki usia 20an, ada banyak hal yang berubah dalam hidup. Bahkan mungkin akan ada sejumlah peran baru yang harus dijalani. Belum lagi dengan banyaknya tuntutan dan tekanan yang ada, hidup jadi makin berat rasanya.

Faktor penyebab stres itu sendiri bisa bermacam-macam. Bisa karena faktor lingkungan, bisa juga karena kondisi pikiran dan mental yang tak stabil. Secara umum, wanita usia 20an lebih gampang stres karena hal-hal berikut ini.

Makin Jarang Olahraga, Bahkan Tubuh Kurang Gerak
Jarang olahraga bisa membuatmu jadi rentan stres. Saat tubuh kurang gerak atau jarang olahraga, keseimbangan hormon gampang terganggu. Akibatnya menjaga emosi dan kestabilan mental jadi hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Padahal semakin bertambah usia, kondisi kesehatan dan pikiran perlu lebih diperhatikan lagi biar tidak gampang jatuh sakit.

Tuntutan Multitasking yang Tak Bisa Dihindari
Makin banyak pekerjaan dan tanggung jawab yang harus diselesaikan dalam waktu bersamaan. Hal itu kemudian membuat kita mau tak mau melakukan sejumlah pekerjaan dalam satu waktu yang hampir bersamaan. Misalnya saja, menghabiskan waktu makan siang dengan tetap bekerja di depan komputer. Mulut mengunyah makanan, tangan tetap sibuk mengetik, dan itu masih harus diselingi dengan menjawab telepon atau chatting dengan rekan kerja lainnya. Kalau hal itu sering dikerjakan, tanpa sadar energi kita nanti akan cepat habis dan kamu rentan terkena stres. Melakukan banyak pekerjaan sekaligus (multitasking) ini juga bisa membuatmu kestabilan emosi dan pikiranmu terganggu.

Stres kadang sulit dikendalikan./Copyright about.com

Tidak Punya Waktu Menekuni Hobi
Hobi merupakan kegiatan atau aktivitas yang kita lakukan karena kita menyukainya. Mengerjakan sebuah hobi bisa membantu kita terhindar dari kondisi stres. Kenapa? Karena saat kita melakukan sesuatu yang kita suka, otak akan meningkatkan produksi hormon serotonin. Dengan meningkatnya hormon ini, kita akan merasa jauh lebih bahagia. Ketika kamu makin sibuk dengan berbagai urusan dan tak punya waktu untuk menekuni hobi, besar kemungkinan kamu jadi gampang dilanda stres.

Terlalu Sering Memikirkan Hal Negatif
Makin banyak saja hal-hal yang harus dikerjakan. Belum lagi dengan tuntutan untuk memenuhi ekspektasi banyak orang. Bila tidak segera dikendalikan, kondisinya akan menjurus pada membuat kita jadi memikirkan terlalu banyak hal negatif. Kita jadi mudah stres dan tidak puas dengan hidup. Makin sering cemas, khawatir berlebihan, dan berprasangka buruk akan membuat kita jadi dipenuhi banyak hal negatif yang justru membuat kita gampang stres sendiri.

Saatnya untuk lebih realistis./Copyright simplereminders.com

Merasa Kesepian
Jumlah teman makin berkurang. Sahabat yang tadinya dekat mulai perlahan menjauh. Masing-masing orang terdekatmu mulai menempuh jalan yang berbeda. Dalam kondisi kesepian ini, sulit untuk berpikir jernih. Stres pun meningkat dan kortisol yang diproduksi tubuh juga ikut meningkat. Akibatnya sistem imun dan kesehatan kardiovaskuler terganggu sehingga rentan mengalami penyakit jantung, diabetes, kanker dan lainnya.

Itu tadi sejumlah penyebab utama yang membuat wanita usia 20an rentan terkena stres. Mengelola dan mengendalikan stres mungkin memang bukan hal yang mudah, tapi kita tetap bisa mengusahakan yang terbaik untuk menstabilkan emosi dan pikiran.



(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA