Sukses

Beauty

4 Panduan Memilih Yoga Mat yang Tepat Bagi Pemula

Meskipun yoga tidak terlihat seberat aktivitas angkat beban dan work out saat sedang nge-gym, namun gerakan yoga yang benar bisa membuat keringatmu bercucuran. Olah tubuh ini sangat berfokus pada kekuatan, fleksibilitas, dan keseimbangan. Itulah mengapa kamu juga membutuhkan yoga mat yang mampu menopang tubuh saat bergerak.

Bayangkan jika kamu sedang melakukan pose sulit di matras yoga yang licin dan tidak menyerap keringat dengan baik, kamu akan lebih mudah tergelincir dan latihan yogamu menjadi kurang maksimal.

Bagi kamu yang masih pemula, memilih yoga mat yang tepat dapat membantumu berlatih dengan aman dan lebih efektif. Simak yuk panduan lengkapnya!

Bahan Yoga Mat yang Tepat

Ada tiga bahan yoga mat yang tersedia saat ini. Di antaranya adalah TPE, rubber, dan Polyvinyl (PVC). Dari ketiga bahan tersebut, jangan memilih bahan TPE jika kamu ingin pemakaian jangka panjang, karena yoga mat yang terbuat dari TPE cenderung sangat empuk dan mudah terkelupas. Sedangkan bila kamu memiliki alergi, bahan rubber adalah pilihan yang tepat. PVC merupakan bahan terbaik yang memiliki bahan ringan tapi densitas yang sangat baik, anti-slip, dan mudah dibersihkan.

Pilih yoga mat yang stabil dan dengan bahan berkualitas/copyright Pixabay.com

Stabilitas Yoga Mat

Saat memilih yoga mat pertamamu, pastikan mat tersebut memiliki karakter sticky atau lengket karena dapat memberikan anti-slip pada setiap jenis lantai. Yoga mat yang mudah “lolos” saat kamu melakukan gerakan yoga ibat sajadah yang suka terlipat sendiri saat sedang sholat, alias sama-sama bisa membuat konsentrasi menjadi terganggu.

Bantalan yang Baik

Yoga mat yang bagus harus memberikan cukup bantalan untuk mendukung tubuh agar tidak merasakan kerasnya lantai. Hal ini berarti ukuran yoga mat harus sesuai dengan postur tubuh dan memiliki ketebalan yang tepat sesuai dengan jenis lantai yang biasa kamu gunakan (apakah keramik atau kayu). Sebagai contoh, yoga mat yang tebal akan lebih baik di permukaan keras seperti lantai keramik.

Pilihlah yoga mat yang sesuai dengan kebutuhan. Namun untuk pemula, sebaiknya pilih yang memiliki durability yang cukup baik agar awet digunakan untuk berlatih.

Pilih yoga mat dengan bantalan yang baik/ copyright Pixabay.com

Portabilitas

Jika kamu tipe orang yang senang membawa yoga mat ke mana-mana, kamu lebih membutuhkan yoga mat yang berbobot ringan. Meskipun yoga mat yang berbentuk lebih padat lebih awet dan tahan lama, namun akan lebih berat untuk dibawa. Jika kamu berlatih yoga di rumah maka hal ini bukan masalah. Namun bila kamu sering menghadiri kelas-kelas yoga, maka pertimbangkan yoga mat yang lebih ringan, portabel, dan mudah dibawa.

Nah sekarang sudah mengerti kan hal-hal apa saja yang harus kamu perhatikan saat memilih yoga mat pertamamu? Yoga mat yang bagus akan memberikan kenyamanan, keseimbangan, dan stabilitas untuk meningkatkan latihan yoga. Sebelum memilih yoga mat pertamamu, perhatikan beberapa kualitas di atas ya!

Kunjungi juga website iPrice untuk lebih lengkapnya ya ladies. 

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading