Sukses

Beauty

Ini Alasan Mengapa Musik Tertentu Sering Diingat Otak Kita

Banyak di antara kita pasti pernah mengalami song syndrome, yaitu semacam ada lagu tertentu yang kamu ingat, terngiang di otak dan akan kamu nyanyikan atau gumamkan ketika sedang santai.

Hal ini sangat wajar, tapi orang masih banyak yang tahu apa yang membuat otak merekam lagu tertentu dan mengingatnya. Ternyata, hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah lho. Peneliti dari Durham University mengungkapkan bahwa beberapa lagu cenderung diingat otak karena melodinya yang menyenangkan.

"Musik yang terngiang di otak seringkali adalah lagu-lagu yang punya tempo cepat diiringi semacam bentuk melodi standar yang punya interval atau pengulangan yang nyaman di telinga seperti opening riff Smoke On The Water-nya Deep Purple atau chorus di lagu Bad Romance-nya Lady Gaga," jelas Dr. Kelly Jakubowski, penulis penelitian dari Department of Music di Durham University.

Sebanyak 90% dari kita mengalami hal ini paling tidak sekali dalam seminggu, beberapa di antara kita mengalaminya lebih sering. Hal ini normal terjadi ketika otak dalam kondisi santai dan tidak melakukan banyak hal seperti mandi, berjalan dan mencuci piring.

Lagu tertentu yang terekam di otak karena alasan ini/copyright Pixabay.com

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychology of Aesthetics, Creativity and the Arts ini, peneliti mengidentifikasi tiga karakter tertentu dalam musik sehingga bisa diingat otak, yaitu kecepatan, bentuk melodi dan interval yang unik.

Dengan tempo upbeat dan ritme kecepatan tertentu, ada musik-musik yang bisa membuat orang ingin bergerak. Penelitian lain bahkan menemukan ada beberapa musik yang cocok untuk memacu semangat olahraga karena punya 'flow' yang tepat.

Musik sendiri memang menjadi salah satu 'alat' untuk merangsang otak, baik itu secara emosional maupun mental. Jadi, sekarang kamu tahu kan mengapa lagu tertentu terngiang di otak dan membuatmu menyanyikannya tanpa sadar?

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading