Sukses

Beauty

Awas! 5 Efek Berbahaya Stres pada Kecantikan dan Kesehatan Tubuhmu

Stres memang bagian dari hidup kita dan kadang tak bisa dihindari. Penting untuk bisa mengelola stres agar kestabilan emosi dan kesehatan tubuh terus terjaga. Jangan sampai kita mengabaikan stres terlalu lama karena dampaknya bisa sangat berbahaya.

Yaps, stres bisa berdampak pada kecantikan dan kesehatan tubuhmu, ladies. Sekarang mari kita ungkap satu per satu agar kita bisa lebih peduli pada kondisi tubuh dan pikiran kita.

Otot Terasa Kaku dan Nyeri
Kebanyakan stres membuat otot-otot tubuh kita tegang dan kaku. Punggung bisa terasa nyeri dan kepala pusing. Dilansir dari health.clevelandclinic.org, stres juga bisa menyebabkan arthritis dan fibromyalgia (nyeri pada tulang dan otot yang menjalar ke bagian dalam tubuh dari lokasi nyeri tersebut berasal). Kondisi ini bisa makin parah bila stres tak kunjung diatasi.

Masalah Jantung dan Paru-Paru
Kebanyakan stres bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, detak jantung yang nggak normal, dan bercak darah. Dikutip dari lunginstitute.com, stres kronis juga bisa memperparah gejala asma dan bronkitis. Kondisi seperti ini jelas tak bisa disepelekan begitu saja.

Stres bisa membahayakan kesehatan tubuh./Copyright thinkstockphotos.com

Kerusakan Kulit dan Rambut
Saat stres, kemampuan tubuh untuk memperbaiki sel-sel kulit dan rambut bisa menurun. Kulit wajah pun jadi gampang berjerawat. Dermatolog di Santa Barbara, California bernama Roberta Sengelmann, M.D., juga menjelaskan kalau rambut bisa mengalami kerontokan 3-6 bulan setelah mengalami stres berat.

Kekebalan Tubuh Menurun
Dikutip dari thehealthline.com, stres dapat menstimulasi sistem kekebalan tubuh yang bisa sangat dibutuhkan dalam kondisi mendadak. Stimulasi ini bisa membantu kita terhindar dari infeksi dan menyembuhkan luka. Tapi hormon stres bisa melemahkan sistem imun tubuh dan mengurangi kemampuan tubuh merespon benda-benda asing. Inilah yang kemudian bisa membuat orang yang stres gampang sakit dan kena flu.

Masalah Pencernaan
Terkadang stres juga bisa menyebabkan masalah atau gangguan pencernaan. Seperti menyebabkan diare dan sembelit. Penting untuk menjaga tubuh bisa tetap rileks agar terhindar dari masalah pencernaan ini.

Stres juga sangat mempengaruhi kesehatan mental kita. Kemampuan kognitif dan daya konsentrasi kita pun bisa ikut terpengaruh. Yuk, ladies kita lebih memperhatikan kondisi kesehatan kita. Jangan sampai stres menghancurkan kualitas hidup kita.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading