Sukses

Beauty

Merinding Mendengar Lagu Tertentu? Tanda Kamu Punya Otak yang Spesial

Pernah mendengarkan musik yang tiba-tiba membuatmu merinding? Saking bagusnya, musik tersebut menyentuh hatimu dan entah mengapa, membuat perasaanmu campur aduk. Jika pernah, ini tanda yang bagus ladies.

Pengalaman merinding mendengarkan musik sangat jarang terjadi, dan tidak semua musik bisa memberi sensasi unik seperti ini. Peneliti Matthew Sachs, lulusan Harvard University, mencoba menganalisis orang-orang yang merinding mendengarkan musik dan apa yang menjadi penyebab timbulnya hal ini.

Matthew Sachs menganalisis 20 mahasiswa, 10 orang yang merinding mendengar musik dan 10 lagi tidak merinding mendengar musik. Ia mencoba melakukan scan otak untuk melihat apa yang terjadi di otak mereka.

Peneliti menemukan bahwa ternyata mereka yang mengalami efek emosional dan fisik (merinding) mendengar musik punya struktur otak yang berbeda dibanding orang-orang yang tak pernah merinding mendengar musik.

Merinding mendengar musik, tanda kamu orang yang 'punya perasaan'/copyright Pexels.com

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Oxford Academic dan Neuroscience ini mengungkapkan bahwa mereka yang merinding mendengar musik cenderung memiliki serat volume otak lebih padat yang menghubungkan korteks pendengaran dan area yang memproses emosi, yang berarti keduanya dapat berkomunikasi dengan lebih baik.

Dengan kata lain, jika kamu merinding dan merasa jantungmu berdenyut lebih cepat, berarti kamu tipe orang yang punya emosi kuat dan mendalam. Timbulnya perasaan tertentu terhadap musik yang didengar, salah satunya bisa dipicu kenangan atau memori masa lalu yang bisa jadi berhubungan dengan lagu tersebut.

Dan hal ini bahkan tak bisa dikendalikan, ketika mendengar lagu tertentu, secara otomatis kamu merasa 'ada yang berbeda'.

Jadi, ketika kamu suka lagu tertentu dan merasa merinding atau tiba-tiba galau, hal ini wajar ladies. Karena ternyata kamu punya hati dan perasaan yang mudah tersentuh. Dan ini membuatmu menjadi lebih 'manusia'.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading