Sukses

Beauty

Bukan Alzheimer, Ini 3 Sebab Mental Kamu Sering Hilang Ingatan

Pernah kah kamu merasa kamu lupa sama sekali apa yang kamu lakukan kemarin atau waktu tertentu akhir-akhir ini? Kamu merasa tidak melakukan suatu hal tapi teman-temanmu mengatakan kamu melakukannya. Apakah kamu mulai pikun atau mengalami Alzheimer?

Jangan berpikiran buru dulu ladies. Bukan berarti kamu mengalami Alzheimer atau masalah ingatan semacamnya, karena sebenarnya hal ini memang bisa terjadi dalam kondisi-kondisi tertentu. Dan beberapa sebab kamu bisa hilang ingatan akhir-akhir ini.

1. Stres
Secara emosional, penyebab paling umum adalah karena kamu sedang stres. Terlalu banyaknya tekanan bisa membuat pikiran kacau dan menyebabkan gangguan pada otak sehingga sulit menyimpan ingatan jangka pendek. Stres akut bisa memicu hilangnya ingatan jangka panjang dan mengembangkannya jadi pikun.

2. Depresi
Lebih parah dari stres, depresi bisa menghilangkan ingatan dan membuat pikiran tidak bisa berpikir jernih. Bahkan kamu akan mulai kehilangan ketertarikan dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, mudah hilang konsentrasi dan mudah melamun. Kamu bisa mengalami Pseudodementia, kombinasi depresi dan hilang ingatan.

3. Rasa duka mendalam
Apakah kamu baru saja ditinggal orang tersayang? Ada efek trauma mental yang hebat sehingga bisa memicu hilangnya ingatan jangka pendek. Rasa duka yang mendalam bisa mengaburkan kemampuan fokus orang terhadap sekitar. Beda tipis dengan depresi, karena orang yang berduka seringkali tenggelam dalam emosi sedih sehingga merasa seakan tidak sedang hidup.

Begitu besar pengaruh emosional dan mental seseorang terhadap ingatan. Bahkan kamu bisa tak ingat apa-apa karena mengalami tiga hal di atas. Cara terbaik agar ingatan kembali tentu dengan mengatasi penyebabnya. Jika kamu bisa lebih merasa bahagia, kamu tak akan mengalami hilang ingatan.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading