KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. SEGAR DAN RILEKS

Menurut Studi, Hobi Membaca Bisa Bikin Perasaan Lebih Bahagia

Jum'at, 25 Agustus 2017 19:00 Penulis: Rohmitriasih
Copyright pexels.com

Vemale.com - Bagi sebagian orang, membaca merupakan aktivitas yang dinilai begitu membosankan. Membaca juga dinilai sebagai salah satu aktivitas yang hanya cocok untuk orang-orang kutu buku saja. Padahal, pada kenyataannya membaca merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan dan memiliki berbagai manfaat buat kesehatan fisik serta psikis.

Dikutip dari laman prevention.com, membaca bisa bermanfaat mengasah kemampuan otak, membuat otak lebih sehat dan tidak mudah lupa, mencegah alzheimer hingga mencerdaskan otak. Menariknya lagi, study terbaru yang dilakukan oleh para ahli di University of Toronto menyebutkan jika membaca bisa bikin perasaan jadi lebih tenang, nyaman dan bahagia.

Melalui buku, pengetahuan akan bertambah dan perasaan akan lebih bahagia/copyright pexels.com

Keith Oatley, PhD, profesor Psikologi di University of Toronto mengatakan, "Membaca membuat otak lebih fresh dan menambah pengetahuan. Jika kita membaca mengenai genetika, kita akan tahu tentang gen. Jika kita membaca tentang cerita fiksi, kita akan belajar dan tahu tentang orang lain juga diri kita sendiri. Ada banyak buku yang bisa membuat perasaan kita lebih empati, simpati juga bahagia."

Sementara itu, sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Consumer Psychology menyebutkan bahwa buku bermanfaat meningkatkan pengalaman hidup seseorang. Melalui buku, seseorang bisa belajar banyak hal. Seseorang juga mengetahui beragam informasi yang mendorong dirinya untuk berpikir lebih terbuka dan tenang.

Membaca bisa bikin perasaan lebih bahagia dan otak makin cerdas/copyright pexels.com

Sama halnya dengan mendengar musik, membaca bermanfaat untuk menenangkan perasaan, bikin nyaman dan bahagia. Mengingat bahwa membaca memiliki manfaat yang sangat mengesankan, mulai sekarang cobalah untuk lebih menyukai aktivitas membaca. Tak perlu banyak-banyak, membaca satu atau dua lembar buku selama satu menit setiap harinya sudah dirasa cukup.

(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA