Sukses

Beauty

Stres di Tempat Kerja? Lakukan Ini untuk Meredakannya

Tekanan dan beban kerja memang kerap membuat kita stres di kantor. Kalau sudah stres, bekerja akan makin susah untuk fokus dan konsentrasi. Dan kalau tidak segera diatasi, kesehatan mental dan fisikmu bisa ikut terganggu.

Lalu apa yang harus dilakukan saat merasa stres di tempat kerja? Dilansir dari boldsky.com, bermain video game bisa jadi cara yang efektif untuk meredakan stres. Bermain video game bisa menstabilkan kemampuan afektif, sehingga dapat bantu meredakan stres yang dirasakan.

Bermain game bisa jadi salah satu cara efektif redakan stres di kantor./Copyright thinkstockphotos.com

Di sisi lain, orang-orang yang mengisi waktu istirahat dengan diam saja bisa makin merasa tidak semangat untuk bekerja, rasa cemas pun bisa makin meningkat. Michael Rupp, mahasiswa doktoral University of Central Florida memaparkan, "Kita sering memvorsir tenaga sepanjang hari untuk menyelesaikan pekerjaan yang bisa jadi malah kurang efektif dibandingkan mengambil jeda istirahat beberapa menit. Kita perlu meluangkan waktu istirahat untuk melakukan aktivitas menyenangkan, seperti video games yang dapat mengembalikan semangat."

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di Human Factors: The Journal of the Human Factors and Ergonomics Society, Rupp dan timnya menggunakan uji berbasis komputer untuk menciptakan kejenuhan pada 66 partisipan yang kemudian diberi istirahat 5 menit. Pada saat istirahat tersebut, para partisipan bisa bermain video game ringan Sushi cat, melakukan kegiatan relaksasi terpandu, atau duduk diam di ruang pengujian tanpa menggunakan ponsel atau komputer. Dari pengujian tersebut, disimpulkan bahwa partisipan yang bermain video game ringan bisa lebih cepat kembali pulih daripada yang melakukan kegiatan relaksasi.

Hanya saja memang untuk yang bekerja di bidang yang berkenaan dengan keselamatan dan kesehatan bisa mengalami implikasi yang berbeda. Poin pentingnya adalah usahakan untuk selalu meluangkan waktu untuk istirahat di sela-sela kesibukan kerja. Karena kalau terus divorsir untuk kerja, tingkat stres bisa meningkat dan kerja tak lagi optimal.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading