KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. SEGAR DAN RILEKS

Stres dan Capek Pikiran? Redakan dengan Aktivitas Ini

Selasa, 18 Juli 2017 13:30 Penulis: Endah Wijayanti
Olahraga ampuh atasi stres./Copyright thinkstockphotos.com

Vemale.com - Stres, capek pikiran atau banyak pikiran bisa membuat kualitas hidup kita menurun. Bahkan kesehatan tubuh bisa kena imbasnya saat pikiran stres. Kita jadi rentan terkena berbagai jenis penyakit. Untuk itu, penting untuk memiliki kemampuan mengelola stres yang baik.

Salah satu cara yang paling baik untuk mengelola dan mengatasi stres adalah dengan menggerakkan tubuh secara aktif melalui olahraga. Jenis-jenis olahraga sendiri sangat beragam. Tapi yang dianggap paling efektif untuk meredakan stres adalah jenis olahraga yang dilakukan di luar ruangan. Seperti olahraga-olahraga berikut ini.

Olahraga Lari
Perasaan cemas, tegang, atau takut bisa dilepaskan dengan cara melakukan olahraga lari ringan. Saat olahraga lari, tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang bisa bantu redakan stres. Selain itu, seperti yang dikutip oleh boldsky.com, olahraga lari juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus mencegah penuaan dini. Dengan olahraga lari,  kebugaran tubuh pun akan ikut terjaga dengan baik.

Lari dan jalan kaki bisa ampuh atasi stres./Copyright shutterstock.com

Jalan Kaki
Jalan kaki pun bisa jadi pilihan aktivitas yang efektif untuk redakan stres. Jalan kaki santai 20-30 menit per hari bisa bantu menenangkan pikiran. Hampir sama dengan aktivitas lari, dengan jalan kaki tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang dapat menghadirkan perasaan bahagia. Bahkan rasa letih luar biasa yang disebabkan oleh stres juga bisa teratasi.

Trekking
Kegiatan trekking juga bisa memberikan banyak manfaat. Melakukan jalan kaki dengan mengikuti jalur yang panjang dan topografi yang tidak rata bisa meningkatkan kemampuan fokus atau konsentrasi kita sekaligus melenyapkan berbagai jenis pikiran negatif.

Olahraga trekking juga bisa ampuh atasi stres./Copyright shutterstock.com

Bersepeda
Rasa capek pikiran dan stres juga bisa diatasi dengan kegiatan bersepeda. Bersepeda bisa membantu kita untuk mengatur pola pernapasan. Saat bersepeda, kita akan bernapas lebih dalam dan menghembuskan karbondioksida dengan pola yang lebih teratur. Saat kita bernapas lebih dalam, paru-paru akan mengembang dan diafragma akan terangkat. Sehingga stres dan tekanan yang ada di sistem saraf pusat akan ikut reda. Tak hanya itu saja, suplai oksigen yang masuk ke dalam otak juga meningkat sehingga membuat pikiran jadi terasa lebih jernih.

Intinya, berbagai jenis aktivitas dan olahraga di luar ruangan bisa sangat ampuh untuk meredakan stres dan beban pikiran yang kita rasa. Tinggal pilih aktivitas yang bisa membuatmu merasa paling nyaman melakukannya.



(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : 5 shio ini bakal berlimpah rejeki di tahun 2017